Dismkumnaker Sampang: Pendaftaran Bantuan UMKM Kembali Dibuka

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) BANTUAN: Tidak semua UKM terdata sebagai penerima bantuan.

KABARMADURA.ID, Sampang -Bantuan langsung tunai untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp2,4 tidak merata. Terbukti, dari 11 ribu UMKM tidak semua akan mendapat bantuan dari Kementerian Koperasi (Kemenkop) itu.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Suhartini Kiptiati menuturkan, pendaftar untuk mendapatkan bantuan UMKM yang sebesar Rp2,4 juta itu bisa dilakukan di lembaga yang membidangi koperasi dan UMKM yang berbadan hukum, dan pendataanya hanya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Bacaan Lainnya

“Bukan hanya kami yang jadi pengusulnya, tetapi lembaga yang membidangi koperasi atau UMKM bisa, dan bisa dilakukan secara online. Tapi untuk pembersihan semua data yang masuk  itu kementerian. Jadi, meski di data tidak menjamin dapat,” tuturnya.

Kendati demikian, untuk pendaftaran sementara ini melalui kelompok-kelompok, dan kementerian masih tetap membuka. Karena sistemnya buka tutup pihaknya mengaku tidak bisa memberikan informasi ke masyarakat bahwa pendaftaran dibuka. Tetapi, untuk koordinasi dengan kementerian tetap dilakukan, sehingga ketika dibuka langsung didaftarkan.

Ditambahkannya, adapun waktu terakhir bantuan tersebut berdasarkan surat sebelumnya yakni akhir bulan November 2020, tetapi kalau kuotanya sudah mencukupi tidak sampai akhir November sudah ditutup.

“Kementerian tetap buka, bahkan sekarang ada penambahan kuota, yang awalnya 12 juta sekarang 15 juta, sehingga ketika kuotanya sudah penuh tidak bisa mendaftar,” jelasnya.

Masih menurut Suhartini, untuk pendataan kepada UMKM, salah satu syaratnya  memiliki aset Rp50 juta, dan pendapatan satu tahun Rp300 juta. Selain itu ia kembali menegaskan bahwa tidak semua yang sudah terdata akan menerima bantuan tersebut.

“Kami hanya mendata dan mengusulkan, semua keputusan ada di pusat, jadi harap dimaklumi ketika nanti ada yang tidak terdata atau tidak dapat bantuan,” tukasnya.(mal/mam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *