Disnak Bangkalan Akan Perketat Posko Checkpoint Pemeriksaan Hewan Kiriman

(FOTO: KM/dokumen) WAJIB SEHAT: Banyaknya kiriman ternak yang datang bersamaan menjelang Idul Adha rentan membuat petugas pemeriksaan kewalahan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melakukan langkah dini untuk mengatasi melonjaknya kiriman hewan, baik dari luar dan dari Bangkalan. Dinas Peternakan Bangkalan akan segera memasifkan pemeriksaan di posko checkpoint di area Petapan, Kecamatan Labang, Bangkalan.

Salah satu petugas checkpoint, Agus Mulyanto, menyampaikan, tahun 2020 lalu pihaknya sempat kewalahan, karena banyak kiriman hewan untuk qurban yang datang bersamaan.

Penyebab kewalahan itu diantaranya, fasilitas pemeriksaan belum memadai, petugas pemeriksaan juga belum optimal. Sehingga butuh waktu lama untuk memeriksa atau bahkan menerbitkan surat keterangan kesehatan hewan.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini, kami juga belum mendapatkan fasilitas dan personel, sehingga kami coba mulai sosialisasikan dari jauh hari,” ungkapnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Peternakan Ahmat Hafid, pihaknya akan mengoptimalkan sosialisasi pada warga melalui penyuluh peternakan, agar hewan yang akan diqurbankan memiliki surat keterangan sehat yang jelas. Hewan juga akan data dan dipantau langsung di wilayah yang biasa banyak mengedarkan.

Kata Hafid, puncak pengiriman biasanya akan dimulai tujuh hari sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha. Tetapi untuk mengantisipasi lonjakan itu, pihaknya akan terlebih dahulu mendatangi para pengelola atau pelaksana kegiatan qurban.

“Kami akan coba sebisa mungkin untuk menghindari lonjakan pengiriman,” jelas Hafid.

Anggota Komisi B DPRD Bangkalan Fadhur Rosi juga meminta pemerintah segera mengantisipasi dengan mengawasi ketat sapi-sapi yang akan diqurbankan, terutama harus sehat. Pengawasan itu, kata Fadhur, dibutuhkan posko pemeriksaan di beberapa tempat yang biasa jadi jalur pengiriman dan penerimaan ternak, eeperti di Tanjungbumi. (hel/waw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.