Disnak Bangkalan Sulit Temukan Petugas IB Sesuai Bidang Pendidikannya

  • Whatsapp
(FOTO: KM/dok) KEWALAHAN: Jumlahnya petugas IB tidak sebanding dengan wilayah yang ditangani, jumlah 54 paramedik IB tangani 273 desa.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Jumlah paramedik inseminasi buatan (IB) di Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan belum cukup. Sebab, jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah wilayah yang ditangani. Dari 273 desa di Bangkalan, harus ditangani 54 paramedik IB.

Sedangkan untuk perekrutan, harus disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 3 Tahun 2019, yakni kualifikasi pendidikan harus linier dengan bidang tugasnya.

Namun Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Bangkalan Ali Makki memastikan, jumlah paramedik IB sudah cukup untuk menangani inseminasi buatan di Bangkalan.

“Mereka sejauh ini masih cukup, artinya paramedik masih bisa dimaksimalkan,” katanya.

Namun pihaknya tetap membutuhkan tambahan bantuan paramedik IB, setidaknya di setiap kecamatan disediakan lima hingga tujuh orang. Setidaknya agar kinerja tidak terlalu berat. Karena menjelang hari raya Idul Adha, mereka biasa mendapatkan banyak permintaan dari masyarakat.

Selain itu, keharusan paramedik IB memiliki kualifikasi pendidikan linier dengan bidang tugasnya, tidak seperti sebelumnya, perekrutan petugas cukup yang mampu.

“Yang susah itu sekarang mencari lulusannya, karena harus berijazah D3-kesehatan hewan atau ijazah sekolah kejuruan bidang kesehatan hewan,” ulasnya.

Sementara menurut salah atu petugas IB di Disnak Bangkalan, Mohammad Hosen, menyampaikan bahwa tingkat permintaan IB untuk perkawinan sapi beberapa hari terakhir memang meningkat.  Bahkan harus saling bantu antar sesama paramedik.

“Mungkin karena menjelang Idul Adha, selain dijual, peternak mengawinkan sapinya dulu,” ungkapnya.

Hosen juga berharap agar petugas IB bisa disediakan di setiap desa. Sehingga jika ada permintaan, masyarakat tidak perlu menunggu lama.

“Sebaiknya memang ditambah, agar petugasnya tidak terlalu diforsir” ucap Hosen. (hel/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *