oleh

Disnakertrans Pamekasan “Buta” Data Penerima Subsidi Gaji

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan, belum mengantongi data dari bantuan subsidi gaji pekerja dengan upah dibawah Rp5 juta. Disnakertrans berdalih, data penerima bantuan subsidi gaji itu berada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Menurut Pelaksana Tugas (PLT) Disnakertrans Pamekasan Supriyanto, penyaluran bantuan subsidi gaji itu dikerjasamakan dengan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga untuk teknis pendataan dan proses pengajuan pencairan menjadi kewenangan BPJS Ketenagakerjaan.

“Datanya ada di BPJS Ketenagakerjaan, Disnakertrans sendiri tidak mengantongi datanya,” ungkapnya, Minggu (4/10/2020).

Pihaknya menyampaikan, sampai saat ini BPJS Ketenagakerjaan belum melaporkan jumlah karyawan yang menerima subsidi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) itu. Akibatnya, pihaknya tidak bisa mengupdate data riil penerima bantuan tersebut.

Namun demikian, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui jumlah karyawan di Pamekasan yang sudah tercover dari program tersebut.

“Untuk setiap perusahaan laporannya langsung kepada BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Perwakilan  (KCP) BPJS Ketenagakerjaan Pamekasan S Bill Fauzan menyampaikan, untuk data rekening yang setor kepada pemerintah pusat berdasarkan jumlah karyawan yang mengusulkan, yakni sebanyak 5.813.

Jumlah itu dipastikan sudah memenuhi kualifikasi penerimaan subsidi gaji yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

Bill (sapaan akrabnya) menjelaskan, untuk kriteria penerima subsidi gaji disyaratkan kepesertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan tidak melebihi Bulan Juli 2020. Upah karyawan harus di bawah Rp5 juta, bukan pegawai negeri, dan bukan pegawai di induk BUMN.

“Untuk Kabupaten Pamekasan ada 5.813 yang diajukan, untuk yang diterima saya kurang tahu, karena keputusan pemerintah pusat,” ulasnya.  (rul/pin)

Komentar

News Feed