oleh

Disparbud Pamekasan Akui Wisata Jumiang Tidak Diminati Investor

Kabarmadura.id/Pamekasan-Meski sudah menghabiskan dana miliaran rupiah untuk mempercantik wisata Pantai Jumiang, namun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pamekasan mengaku jika salah satu destinasi wisata unggulan itu, belum mampu menggaet minat investor.

Kepala (Disparbud) Pamekasan Achmad Sjaifuddin melalui Kepala Bidang Pariwisata Khalifaturrahman mengatakan, pembangunan Pantai Jumiang baru dimulai pada tahun 2018 lalu. Secara bertahap, salah satu wisata alam unggulan bumi gerbang salam itu, akan dibangun sesuai dengan master plan yang ada.

Hanya saja diakuinya, pembangunan tidak akan bisa dilakukan dalam waktu cepat. Sebab, pembangunan Jumiang masih hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Namun demikian, pihaknya mengaku selama ini sudah melakukan koordinasi dengan beberapa investor agar mau berinvestasi ke sejumlah destinasi wisata milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, termasuk wisata Pantai Jumiang.

“Kalau melihat dari master plan dan kebutuhan anggaran yang dibutuhkan, tidak cukup dalam waktu lima tahun jika hanya mengandalkan APBD,” paparnya Minggu (22/12/2019).

Masalahnya lanjut Mamang (sapaan akrabnya), selama ini tidak pernah ada satu pun investor yang tertarik menanamkan modalnya untuk membangun wisata pantai yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu itu.

Pihaknya mengklaim, sudah melakukan berbagai upaya agar ada investor yang mau berinvestasi untuk pembangunan Wisata Jumiang. Hanya saja, sampai saat ini upaya itu belum membuahkan hasil maksimal.

“Kita selalu bangun komunikasi dengan berbagai pihak, cuma sampai sekarang nampaknya belum ada investor yang tertarik untuk berinvestasi di destinasi wisata kita,” ujarnya.

Oleh karenanya lanjut Mamang, pihaknya membutuhkan dorongan serta support dari berbagai elemen masyarakat, agar pembangunan yang direncanakan sesuai dengan master plan bisa terlaksana sesuai harapan.

“Butuh dukungan semua elemen masyarakat untuk mewujudkan Wisata Pantai Jumiang yang diminati wisatawan, baik dalam negeri ataupun wisatawan luar negeri,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Muksin menyampaikan, tidak tertariknya investor untuk berinvestasi terhadap Wisata Pantai Jumiang, harus disikapi serius oleh Pemkab Pamekasan.

Dirinya berharap, Pemkab bisa menciptakan terobosan dan inovasi agar bisa menarik minat investor untuk ikut andil dalam membangun destinasi wisata di Pamekasan. Terlebih, Pantai Jumiang memiliki potensi besar yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan destinasi wisata ditempat yang lain.

“Pemkab dan pokdarwis harus duduk bersama, setidaknya ada event khusus dengan promosi yang massif untuk memperkenalkan keindahan Pantai Jumiang, sesekali ada acara pemkab yang diletakkan disana,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed