Disparbud Pamekasan Gelar Lomba Branding Batik Motor dan Mobil

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) KAMPANYE BATIK: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pamekasan menggelar lomba branding batik motor dan mobil.

KABARMADURA.ID, Pamekasan -Guna memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke-490, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pamekasan menggelar lomba branding batik. Lomba tersebut untuk kendaraan motor dan mobil. Total hadiah mencapai puluhan juta rupiah, Selasa (10/11/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparbud Pamekasan Nurul Widiastutik menjelaskan, lomba membranding motor dan mobil dengan motif batik asli Pamekasan tersebut dilakukan agar Kabupaten Pamekasan lebih dikenal luas dengan karakter batiknya. Terlebih Kabupaten Pamekasan memiliki batik yang khas.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini pernah diadakan pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Terdapat 31 peserta yang mengikuti lomba kategori motor dan 11 peserta untuk kategori mobil. Lomba tersebut tidak hanya diikuti oleh warga Kabupaten Pamekasan, melainkan terdapat peserta dari luar daerah Pamekasan.

Tidak tanggung-tanggung, pemenang lomba kategori mobil juara I hingga juara III mendapatkan motor. Untuk kategori lomba motor, juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta, juara II Rp7,5 juta dan juara III Rp5 juta.

Nurul berharap, dengan adanya lomba yang ditempatkan di area taman Arek Lancor itu, pemuda Pamekasan ikut andil dalam mempromosikan batik Pamekasan. Hal itu guna mendukung program Pemkab Pamekasan dalam mempromosikan batik asli Pamekasan.

Namun demikian, pihaknya menegaskan, lomba tersebut hanya boleh diikuti oleh kendaraan bermotor yang memiliki surat-surat kendaraan bermotor yang lengkap. Sebab, pihaknya tidak ingin ada motor bermasalah yang mengikuti lomba tersebut.

Awalnya pihaknya khawatir peserta yang ikut sedikit. Sebab, di tahun-tahun sebelumnya peserta yang mengikuti lomba tersebut sangat sedikit. Sehingga untuk mengevaluasi hal tersebut pihaknya menyiapkan hadiah yang lebih besar agar banyak peserta yang berminat ikut.

“Sehingga saya perintahkan yang mobil ini suruh sediakan hadiah motor tiga-tiganya. Itu sebagai penghargaan atas partisipasi dan kreativitasnya,” pungkasnya. (ali/nam*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *