Disparbud Pamekasan Matangkan Rencana Melalui Naskah Ripparkab 2020

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) MAJU: Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan, Poni Indrayani saat membuka kegiatan di Hotel Berlian, kemarin.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pamekasan, menggelar diskusi naskah rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten (Ripparkab), di Hotel Berlian, pada Kamis (26/11/2020)

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disparbud Pamekasan, Poni Indrayani mewakili Plt. Kepala Disparbud Pamekasan Nurul Widiastuti. Menurut Poni, diskusi itu dilaksanakan dengan tujuan, agar bisa mengidentifikasi setiap permasalahan dalam pembangunan kepariwisataan di daerah.

Bacaan Lainnya

Selain itu, agar bisa merumuskan permasalahan hukum yang dihadapi, sebagai dasar pembentukan rancangan peraturan daerah (perda) tentang Ripparkab. Selain itu, merumuskan ruang lingkup pengaturan, jangkauan dan arah pengaturan serta materi muatan Raperda Ripparkab.

Perda tersebut penting, agar memiliki kekuatan hukum dalam pembangunan kepariwisatan. Selain itu, penyusunan Ripparkab menunjukkan adanya komitmen dan keseriusan dari Pemkab Pamekasan, beserta DPRD dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan pendapatan masyarakat melalui pembangunan kepariwisataan.

Dalam kegiatan tersebut, diikuti sebanyak 40 orang peserta dari berbagai lembaga dan instansi yang terdiri dari unsur organisasi perangkat daerah(OPD), dan sejumlah pihak termasuk pegiat pariwisata. Bahkan, enam  orang narasumber menyampaikan pandangannya.

Dari Bagian Hukum Pemkab menyampaikan tentang format dan arah regulasi pembangunan kepariwisataan berbasis norma agama dan kearifan lokal. Kemudian dari pihak Komisi IV DPRD, Dinas PUPR maupuni pengamat pariwisata Madura dan dari unsur media masa.

“Kami berharap diskusi ini dapat melahirkan rekomendasi strategis untuk perkembangan kepariwisataan di Pamekasan,” harapnya. (ali/ito/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *