Disparbudpora Ajukan Pembangunan Gedung Peninggalan Sejarah

  • Whatsapp
(KM/IMAM MAHDI) KERATON: Pengunjung sedang berada di Museum/Keraton Sumenep

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) mewacanakan pembangunan gedung peningggalan sejarah di Kabupaten Sumenep. Alasannya, masih banyak peninggalan sejarah yang belum tercover dan terarsip di museum.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Sumenep Roby Firmansyah mengatakan, peninggalan yang dimaksud semisal baju raja-raja Sumenep dan perlengakapan alat keraton lainnya.

“Saat ini masih dalam tahap perencanaan,” katanya Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, Sumenep memang kaya akan peninggalan sejarah. Karenanya perlu dibangun gedung khusus untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

“Saat ini masih menunggu persetujuan bupati,” ujarnya.

Dengan adanya gedung peninggalan sejarah nantinya diharapkan masyarakat Sumenep bisa lebih cinta terhadap sejarah.

“Ada banyak hal menarik sepanjang sejarah Sumenep. Hal-hal yang bagus dalam sejarah itu bisa terungkap bukan hanya dari publikasi foto, melainkan juga dari barang asli yang bisa taruh di satu tempat,” paparnya.

Dilanjutkan, barang kuno yang berkaitan dengan ibadah, pekerjaan pengabaran, dan sejarah yang ditinggalan lainnya memang sangat perlu dilestarikan barang-barang peningalan sejarah tersebut.

Anggaran yang akan diajukan nantinya minimal sebanyak Rp5 miliar. Disparbudpora akan terus berusaha untuk memperjuangkan anggaran pembangunan ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Siti Hosna mendukung atas kinerja pemerintah tersebut. Sebab, melestarikan budaya memang hal yang sangat penting untuk dilakukan. Harapannya, bupati nantinya juga menyetujuai atas kinerja tersebut. Sehingga, dapat diterima dan dapat dikerjakan pada tahun berikutnya.

“Kami siap mendukung atas pekerjaan pemerintah yang ingin melestarikan cagar budaya,” pungkasnya. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *