Disparbudpora Ajukan Perda Kepemudaan

  • Whatsapp

KOTA-Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep mengungkapkan selama ini tidak memiliki peraturan daerah untuk melaksanakan kegiatan kepemudaan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Kabupaten Sumenep Muhammad Iksan. Ia mengungkapkan sebelumnya, pihaknya menggunakan undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Pihak kabupaten hanya mempersiapkan dan memfalisitasi secara teknis saja, selebihnya  dari pemerintah pusat.

Akan tetapi, saat ini telah diajukan peraturan daerah (perda) tentang kepemudaan yang diinisiasi oleh Disparbudpora, diajukan ke bagian hukum, lalu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep. Progres perda tersebut saat ini telah diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Jadi kalau nanti sudah disahkan oleh gubernur, evaluasinya, berarti semua kegiatan kepemudaan itu termasuk penyadaran pemuda, pengembangan pemuda, pemberdayaan pemuda, itu akan difalisitasi oleh pemerintah kabupaten,” jelas Iksan, Rabu (14/8).

Iksan menambahkan, jika program terdahulu ada program wirausahawan muda yang merupakan salah satu program Super Mantap Bupati Sumenep, maka perda ini diharapkan untuk bisa lebih meningkatkan kualitas para pemuda Sumenep.

Kewajiban kabupaten bukan hanya menyiapkan dan memfalisitasi secara teknis saja, tetapi  juga mengembangkan potensi para pemuda lewat berbagai program kepemudaan dengan payung hukum yang jelas, seperti pelatihan-pelatihan pengembangan skil kepemudaan.

Iksan berharap, lampu hijau dari gubernur terkait dengan perda ini bisa diberikan pada saat momen Sumpah Pemuda , 28 Oktober. Akan tetapi, ia menambahkan, apabila selesai lebih cepat akan lebih baik. Dengan begitu semua program kepemudaan lebih terintegrasi sejak awal dan para pemuda siap untuk ikut membangun Kabupaten Sumenep dan diharapkan angka pengangguran bisa turun. (mad/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *