Disparbudpora Belum Setujui Tawaran Pengelola Kermata

  • Whatsapp
KM/ Razin KERMATA: Salah seorang pengunjung berselfi di area destinasi wisata Telaga Kermata.

Kabarmadura.id/Sumenep-Ancaman Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep untuk menutup Wisata Telaga Kermata, ternyata membuahkan hasil. Pasalnya, destinasi yang sekarang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mulai mengikuti alur permintaan pemerintah. Pihak pengelola mengajukan tawaran Rp7 juta per tahun untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Telaga Kermata merupakan aset wisata milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep yang dikelola secara sepihak tanpa memberikan sumbangan PAD. Padahal, Telaga Kermata merupakan salah satu destinasi wisata yang dipadati pengunjung. Sampai tanggal 12 bulan ini, Disparbudpora mencatat ada 1.517 wisatawan yang bertandang, 563 motor dan 100 mobil yamg terparkir.

Disinggung tentang kelanjutan rencana penutupan, Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumenep Carto mengaku belum ada kelanjutan untuk eksekusi.

“Enggak masih, karena pengelola telah melakukan pengajuan persyaratan yang kami minta, yaitu aset milik daerah Sumenep harus diserap oleh PAD dan membantu mengalirkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Carto juga awalnya menekankan bahwa bulan ini, pihak pengelola harus sudah merampungkan persyaratan yang diminta oleh instansinya. Jika tetap tidak atau tetap semena-mena maka akan diberikan peringatan lagi. Sehingga pada bulan ini juga pengelola Telaga Kermata mengindahkan peringatannya, yaitu pengelola mengajukan negosiasi dengan memberikan sumbangan untuk penghasilan asli daerah (PAD) sebesar Rp7 juta setiap tahun.

“Proposal mereka telah masuk ke kami, mereka nawar setiap tahun akan memberikan sekian, tetapi kami masih belum bisa menyepakati, karena kami harus rapat dulu dengan pak bupati. Artinya harus banyak pihak yang terlibat dalam memberikan keputusan tersebut,” pungkasnya. (km48/pai)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *