Disparbudpora Imbau Masyarakat Tetap Berkreasi dari Rumah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/RAZIN) BERSABAR: Berbagai macam kesenian yang mengundang orang banyak ditiadakan terlebih dahulu.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Lebih berkreasi dari rumah masing-masing. Itulah harapan sekaligus imbauan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumanep. Hal itu ditujukan kepada masyarakat, khususnya pegiat kesenian dan para pengrajin.

Terlebih pada masa wabah Covid-19, aktivitas masyarakat banyak disarankan untuk dikerjakan di rumah. Hal tersebut menjadi momentum yang sangat potensial untuk tetap berkreasi dalam berkarya, terutama di bidang kesenian.

Bacaan Lainnya

Kepala Disparbudpora Sumanep Bambang Irianto menyampaikan, untuk beragam kesenian atau kebudayaan yang sifatnya mengundang orang banyak sehingga berbentuk kerumunan, maka untuk sementara waktu diimbau untuk tidak melakukan aktivitas seperti biasa.

“Kalau itu, kami larang. Meskipun menjelang Lebaran, tidak boleh ada kegiatan-kegiatan yang mengundang orang banyak, seperti ul-daul dan sejenisnya, terutama takbir keliling. Itu tidak boleh ada, karena masa wabah Covid-19 masih merebak. Masyakarat harus mengikuti protokol kesehatan dulu,” katanya, Senin (18/5).

Tetapi untuk beberapa kerajinan tangan atau kesenian seperti keris, topeng, dan yang lainnya, tambahnya, harus diolah menjadi momentum yang pas untuk dikreasi dari rumah masing-masing, tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan.

Bambang juga menyampaikan, termasuk kreasi kerajinan tangan seperti mengukir kayu, juga dipersilakan untuk tetap dikerjakan, karena beberapa aktivitas yang berlangsung di rumah masing-masing sangat potensial untuk dikembangkan, apalagi menjadi bisa menunjang kebutuhan perekonomian.

“Ya seperti kegiatan kantor-kantor yang tetap masuk, tentunya kami bekerja memerhatikan anjuran kesehatan. Tetapi, ada sebagian orang bisa tetap bekerja dan berkarya seperti keris. Itu kami sangat mengapresiasi. Bahkan, kami tetap membantu dalam bidang promosi,” imbuhnya.

Kendati seperti itu, mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep itu berharap masyarakat terutama penggiat kesenian dalam penyambutan hari raya Idul Fitri ini tetap bersabar terlebih dahulu. Pihaknya akan menyediakan momentum khusus untuk tampil di sekitar perkotaan nanti.

Masyarakat harus memaklumi dan siap bekerja sama dengan pemerintah guna mengindahkan imbauan tetap beraktivitas di rumah masing-masing, dan bekerja sama untuk memerangi wabah Covid-19 ini.

“Sementara masyarakat bersabar terlebih dahulu, nanti akan ada ajang tertentu ketika selesai Covid-19 ini,” pungkasnya. (ara/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *