oleh

Disparbudpora Sumenep Akan Pilih Kesenian yang Terdaftar

Kabarmadura.id/SUMENEP-Meskipun mampu berkesenian bagus, baik kelompok maupun individu, belum tentu dipilih oleh pihak Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep untuk tampil di acara pemerintahan.

Pasalnya, Disparbudpora Sumenep akan melirik berbagai kesenian yang mendapat rekomendasi, yaitu para seniman yang mendaftarkan kelompoknya ke bidang kebudayaan Disparbudpora Sumenep.

“Kita akan menghubungi mereka yang terdaftar, memiliki nomor induk kesenian (NIK, rek), ini supaya mereka yang belum terdata berlomba-lomba untuk mendaftar,” ungkap Kabid Kebudayaan Disparbudpora Sumenep Robi Firmansah Wijaya, Rabu (8/5).

Jpeg

Meskipun terkesan pilih kasih, Robi menambahkan bahwa NIK itu tujuan utamanya adalah untuk mendata berbagai kesenian yang ada di Sumenep, selain itu untuk menjaga kelestarian kesenian dan budaya.

Setelah ditanya lebih lanjut bagaimana pihaknya dalam melestarikan budaya setempat, ia menjawab bahwa ia hanya bisa mengapresiasi dan menampilkannya di berbagai even, khususnya yang bersangkut paut program pemerintahan. Akan tetapi, kesenian yang dimaksud adalah kesenian yang masih eksis di tengah-tengah masyarakat.

Adapun tradisi yang hampir punah seperti “macopat” dan “mamacah” pihaknya mengaku tidak bisa berbuat banyak karena generasi dari kesenian tersebut nyaris tidak ada. Ia menegaskan, khususnya di dua kesenian tersebut, para pelaku seni yang masih aktif sudah banyak yang sepuh. (mad/rei)

Komentar

News Feed