Disparbudpora Sumenep bakal Abaikan Kesenian Tari Musiman

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) PERTAHANKAN: Tari salah satu kesenian yang masih eksis dan tetap diperhatikan oleh Disparbudpora Sumenep.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kesenian tari di Sumenep menjadi perhatian Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep. Sebab, pada bulan September kesenian tersebut biasa sering tampil atau dikirim ke Jakarta.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Sumenep Robi Firmansah Wijaya mengatakan, biasanya bulan ini sudah ada kepastian bakal tampil. Namun karena kondisi pandemi, jadi masih butuh dirapatkan bersama.

Bacaan Lainnya

“Tetapi kayaknya karena PPKM (penerapanan pembatasan kegiatan masyarakat) ini, biasanya September tampil, pemberitahuannya biasa bulan Agustus ini. Nah itu kami menunggu kepastian juga,” katanya, Selasa (24/8/2021).

Meski tidak ada kepastian, ia menegaskan persiapan tetap jalan, khawatir jika tidak latihan mendadak diminta untuk tampil. Sementara persiapan belum matang.

“Tari yang bakal tampil, tetapi proses terus dipersiapkan, sebab biasanya ketika sudah PPKM selesai maka langsung ada jadwal,” imbuh dia.

Selama ini ragam kesenian di Kota Keris ini, baik kelompok maupun individu, belum tentu dipilih oleh pihak Disparbudpora untuk tampil di acara pemerintahan.

Sebab, dinasnya akan melirik berbagai kesenian yang mendapat rekomendasi, yaitu para seniman yang mendaftarkan kelompoknya ke bidang kebudayaan Disparbudpora Sumenep.

“Maka selain menunggu antrian, juga dilirik yang memang asli Sumenep dan keseniannya berjalan bukan musiman,” tukasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *