oleh

Disparbudpora Sumenep Kekurangan Anggaran untuk Menentukan dan Merawat Cagar Budaya

Kabarmadura.id/Sumenep-Kepedulian Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, terhadap perawatan cagar budaya masih terganjal minimnya anggaran. Sebab, untuk menemukan dan merawat cagar budaya tersebut harus membentuk tim ahli cagar budaya (TACB) dengan kontrak enam bulan kerja.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Sumenep Robi Firmansyah mengatakan pembentukan tim ahli terdiri dari beberapa elemen yang memang kompeten di bidangnya. Sehingga tahun ini, dari ratusan situs bersejarah di kota Keris ini, terdapat sekitar 10 situs yang ditargetkan sebagai cagar budaya. Dari target tersebut capain saat ini hanya sekitar 70 persen.

“Sebab tidak mudah menentukan situs itu menjadi cagar, butuh waktu yang panjang, termasuk mengkaji dan disesuaikan dengan referensinya. Tahun ini kami targetkan 10, target kan tidak harus tercapai,” ujarnya, Rabu (16/9/2020).

Robi sapaan akrabnya, mengaku anggaran  tidak terlalu besar. Pihaknya  mengajukan sembilan bulan kontrak kerja, hanya disepakati enam bulan kerja. Menurutnya, target 10 cagar budaya sudah lebih fantastis dari tahun sebelumnya, terhitung sejak dua tahun terakhir hanya menetapkan tiga cagar budaya.

“Anggaran hanya sekitar Rp80 jutaan, untuk gaji tim yang terdiri dari tujuh orang itu, untuk ketua Rp1,5 juta, anggota 1 juta. Dipotong gaji saja berapa, upaya operasional berarti sedikit, jadwal kerja kami ajukan sambilan bulan, tapi disetujui enam bulan,” imbuhnya.

Cagar budaya yang sudah ditetapkan di antaranya Komplek Keraton Sumenep, Masjid Jami’ Sumenep, dan Benteng Kalimo’ok Kalianget. Sedangkan sisanya ditetapkan tahun 2020 ini, yaitu Asta Pangeran Lor dan Wetan, Asta Panembahan Blingi Sepudi, dan Kawasan Kota Tua Kalianget.

Rekomendasi tersebut berdasarkan pengkajian kevalidan dari referensi literatur yang memang jelas. “Sudah tujuh yang ditetapkan, termasuk yang Asta Tinggi, kan sudah mendingan dari tahun sebelumnya,” tukasnya.  (ara/ito)

Komentar

News Feed