oleh

Disparbudpora Sumenep Siapkan Rp790 Juta untuk Pengembangan SDM Wisata

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep  tahun ini menganggarkan Rp790 Juta guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan destinasi wisata.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Imam Bukhari menyampaikan, jumlah pelatihan atau sosialisasi untuk tahun ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, dikarenakan tahun ini pemerintah lebih serius untuk merangsang desa-desa untuk mengembangkan destinasi wisata.

“Sebelumnya kami lakukan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atau peningkatan SDM-nya itu hanya lima kali, tetapi untuk tahun ini kami tambahkan menjadi tujuh kali,” katanya kemarin.

Meskipun sampai saat ini ada sekitar 30 destinasi wisata yang sudah terdata di ujung timur kabupaten yang berjulukan Kota Keris ini, tetapi hanya sebagian saja yang terbilang paling digemari wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk itu, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut, sehingga kalau kualitas SDM sudah bagus maka pelayanan akan menjadi lebih baik dan memicu kembali semangat para investor.

“Sedangkan pemerintah juga siap membantu fasilitas sarananya, termasuk perbaikan jalan yang menuju destinasi wisata tersebut dan petunjuk rutenya,” imbuhnya.

Sementara untuk sasaran sosialisasi pengembangan SDM tersebut di antaranya adalah karang taruna, badan usaha milik desa (BUMDes), dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Namun untuk jadwal pelaksanaan, pihaknya sampai saat ini masih fokus terhadap pemetaan pagu anggaraan di setiap triwulannya. (ara/pai)

 

Komentar

News Feed