oleh

Dispendukcapil Bangkalan Layani Adminduk via Online

Kabarmadura.id/Bangkalan-Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan memberikan pembatasan pelayanan terhadap masyarakat ketika mengurus administrasi penduduk. Pembatasan tersebut untuk mengurangi kerumunan masyarakat dan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Kapala Bidang Pelayanan Administrasi Penduduk Dispendukcapil Bangkalan Irisu’ud mengatakan, program pembatasan sebagai langkah kongkret guna untuk mencegah penularan Covid-19. Sehingga pelayanan lebih ditekankan dengan sistem online.

“Masyarakat yang tidak menggunakan pelayanan via online bisa datang ke kantor Dipenduk dengan syarat-syarat tertentu, di antaranya menjaga jarak dan pakai masker” ucapnya, Minggu, (26/4/2020).

Pembatasan pelayanan juga diberlakukan kepada perekaman e-KTP. Masyarakat yang ingin merekam diharapkan bisa menunggu sampai ada pengumuman dari pemerintah setempat.

“Perekaman sementara waktu masih ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” jelasnya.

Ditambahkan Irisu’ud, semua pelayanan tetap berjalan, baik via online maupun  datang langsung ke kantor Dispendukcapil. Namun yang tidak dioperasikan hanya yang berhubungan dengan kontak fisik secara langsung.

Ia melanjutkan, untuk pengurusan pindah data dan lain sebagainya bisa menggunakan pengurusan via WhatsApp (WA). Hal itu akan mempermudah masyarakat yang jauh sehingga bisa mengurus dari rumahnya masing-masing.

Pihaknya berharap agar masyarakat Bangkalan bisa memahami dengan pembatasan pelayanan tersebut.

“Program yang dikemas melalui  WA bisa membuat masyarakat lebih paham dan lebih mudah, dan terpenting dengan cara seperti ini bisa mencegah penularan Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Ummul Farah warga Bangkalan mengaku belum mengetahui mengenai alat perekam ditutup dalam waktu cukup lama mengatakan, penutupan perekaman e-KTP sosialisasinya belum merata. Sehingga hal itu membuat masyarakat banyak yang tidak mengetahuinya.

“Semoga ada tim khusus yang melayani via online ini, jujur kami banyak yang belum paham soal teknis dengan pakai WA ini,” tukasnya. (sae/mam)

 

Komentar

News Feed