Dispendukcapil Jamin Ketersediaan Blangko Pembuatan e-KTP Baru

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) LAYANAN: Dispendukcapil Pamekasan menyediakan 10 ribu blangko untuk pembuatan e-KTP baru.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (​Dispendukcapil) Pamekasan mencatat, berdasarkan data tahun 2020, sekitar 5 ribu warga yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Sedangkan untuk tahun 2021, masih proses pendataan, apalagi pada 2 bulan terakhir permohonan pembuatan e-KTP membludak.

Menurut Kepala Dispendukcapil Pamekasan Ach Faisol, masih dilakukan pendataan warga yang tidak memiliki e-KTP untuk tahun 2021. Menurutnya, datanya masih belum jelas. Namun, pada tahun 2020 lalu, sekitar 5 ribu warga yang belum mempunyai e-KTP.

Bacaan Lainnya

“Kami masih melakukan inventarisasi data dari warga yang tidak memiliki e-KTP  pada tahun 2021,” paparnya, Kamis (17/6/2021).

Kendati demikian, ketersediaan blangko untuk e-KTP tahun 2021 sebanyak 10 ribu. Jadi menurutnya,  persediaan pembuatan e-KTP baru masih cukup.

“Jadi untuk ketersediaan blangko ada mekanismenya, artinya meskipun Dirjen Dukcapil menyediakan blangko, kami dibatasi untuk mengajukan. Kami sudah mengajukan, alhamdulillah dapat 10 ribu, kami siap melayani, karena alat ada blangko ada,” ulasnya.

Sedangkan untuk membludaknya pembuatan e-KTP selama 2 bulan terakhir, Faisol menepis  bukan karena adanya pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, melainkan karena kebiasan masyarakat yang libur setelah Hari Raya Idul Fitri, berbondong-bondong membuat e-KTP.

“Jadi kami tidak mendeteksi ke arah sana (pilkades), hanya saja dari sisi kebiasan masyarakat kalau setelah lebaran, rata-rata banyak, karena ada yang pulang dari daerah rantau, ataupun bertepatan dengan hari libur,” tukasnya. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *