Dispendukcapil Kabupaten Sumenep Sasar Sekolah Paling Dominan Siswanya

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Razin) KIA: Sasaran utama untuk merealisasikan program kartu identitas anak (KIA) yakni sekolah yang banyak siswanya.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Proyeksi untuk realisasi kartu identitas anak (KIA) tahun ini, hanya akan berkutat di daerah perkotaan. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid), Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep,  Wahasah, Kamis (10/12/2020).

Menurutnya, program KIA untuk daerah luar perkotaan sebagian sudah tersentuh. Hanya saja, tidak semua warga mendapatkan program tersebut. Sebab, sasaran utama KIA yakni ke sekolah yang siswanya banyak. Namun, untuk saat ini program tersebut terpaksa dihentikan, lantaran banyak sekolah yang libur akibat Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Walaupun yang menjadi sasaran program KIA masih berpusat di kota saja, hal ini terjadi, karena informasinya belum merata hingga pelosok. Tetapi yang sudah mendaftar terbilang cukup banyak, sekitar 3.000 anak,” ujarnya.

Selain sekolah, pihaknya akan mencoba bekerjasama dengan pesantren. Termasuk satuan pendidikan lainnya, mulai tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat. Salah satu tujuannya,  untuk efisiensi waktu. “Karena selain KIA, juga ada layanan perbaikan KK, Akta, rekam KTP untuk yang sudah masuk syarat. Artinya sekali turun, tidak hanya satu pelayanan,” imbuhnya.

Wahasah menjelaskan, program KIA bertujuan, agar keaslian identitas anak, dapat terjamin ketika dibutuhkan. Sehingga, mulai berupaya untuk disosialisasikan ke sekolah-sekolah yang menaungi anak di bawah 17 tahun. (ara/waw/ito)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *