oleh

Dispendukcapil Sampang Wacanakan Pelayanan Online Adminduk

Kabarmadura.id/Sampang-Di tengah wabah Covid-19 yang terus meluas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, masih memberikan pelayanan layanan tatap muka. padahal, layanan tersebut sangat berisiko terhadap penyebaran wabah Covid-19.

Pantauan Kabar Madura, pemohon yang datang ke Dispendukcapil masih tidak mengindahkan imbauan pemerintah, utamanya imbauan untuk bermasker, termasuk juga social distancing atau jaga jarak.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subinto mengatakan, pihaknya sudah merencenakan penerapan sistem layanan online pada pemohon administrasi kependudukan (adminduk).

Namun hingga saat ini, pihaknya masih harus mematangkan sistem agar pelayanan kepada masyarakat tetap maksimal. Dengan demikian, untuk sementara ini pihaknya masih tetap menggunakan pelayanan tatap muka seperti biasa.

“Sistem online dinilai cukup efektif dalam mempercepat pengurusan administrasi kependudukan di tengah wabah Covid-19,” ungkapnya, Minggu (26/4/2020).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, saat ini pihaknya sudah merancang sistem pelayanan online. Pihaknya juga masih melihat kesiapan di instansinya baik dari SDM maupun fasilitas server yang dimiliki. Sebab nantinya ketika pelayanan tersebut dibuka, maka dapat dipastikan pemohon akan membludak.

Melalui sistem itu, setiap masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan bisa langsung mengirim persyaratannya berbentuk foto atau scan menggunakan aplikasi whats app.

“Nanti akan disediakan WA khusus untuk pelayanan itu, nanti berkasnya dikirimkan lewat WA, lalu kami lakukan verifikasi, kalau memenuhi syarat baru diproses,” tuturnya.

Untuk teknis pengambilan adminduk yang sudah diproses, pihaknya mengungkapkan, masyarakat tidak perlu datang langsung ke Dispendukcapil,, melainkan cukup datang ke kantor kecamatan masing-masing.

“Jadi tidak usah ke kantor dispendukcapul. Bahkan jika sistem tersebut tetap efektif usai wabah Covid-19, maka sistem pelayanan online itu akan kami lanjutkan,” pungkasnya. (mal/pin)

Komentar

News Feed