oleh

Dispendukcapil Sumenep Berharap Tahun Depan Bisa Cetak KTP di Kecamatan

Kabarmadura.id/Sumenep-Meskipun layanan cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sudah bisa dilayani di 4 kecamatan, namun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sumenep mengaku masih belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sumenep Sahwan Efendi mengatakan, tujuan awal program pengadaan mesin e-KTP pada 4 titik terseut adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mencetak identitas diri.

“Sekarang akan dipasang di Ambunten, di Ganding sudah kemarin. Di kepulauan juga sudah lebih awal, tapi memang itu sudah cukup atau tidak yang jelas masih kurang itu,” katanya, Senin (29/6/2020).

Karena untuk memberikan pelayanan yang maksimal menurutnya, mestinya mesin pencetak baik Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus dilayani di setiap kecamatan bukan UPT.

Meskipun saat ini keberadaan bantuan tersebut sudah bisa digunakan atau dioperasikan oleh setiap UPT sehingga pelayanan tidak lagi bertumpu di kantor Dispendukcapil dan Mall Pelayanan Publik (MPP).

“Mungkin nanti di tahun depan hal itu dapat dilaksanakan di setiap kecamatan, karena tidak sulit untuk mendapatkan bantuan alat itu. Apalagi ketika musim seperti ini kan masih dilarang berkumpul, maka rencana perkecamatan bisa nyetak itu salah satu solusi,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi l Nurus Salam meminta agar pelayanan yang ada hendaknya dimaksimalkan terlebih dahulu, sehingga untuk ke depannya bisa menjadi pertimbangan dan bahan evaluasi. Ia mendukung penuh upaya pemerintah unruk memperbaiki layanan di bidang kependudukan, terutama pencetakan e-KTP yang selama ini seringkali dikeluhkan oleh masyarakat. (ara/pai)

 

Komentar

News Feed