oleh

Disperinaker Bangkalan Sebut Pencari Kerja Rendah, Pengangguran 46.743 Orang

KABARMADURA.ID, Bangkalan -Pencari kerja di Bangkalan terbilang rendah. Hal itu terbukti dari catatan Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) setempat hanya 134 orang pencari kerja. Rabu (14/10/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Penempatan Kerja Disperinaker Bangkalan Hariani Fitrianingsih mengatakan, untuk pencari kerja yang mendaftar di dinasnya terbilang masih cukup rendah.  Hal itu dari catatan yang ada tidak sampai seribu pencari kerja.

“Jadi itu jumlah pencari kerja di Bangkalan dan itu tergolong rendah sepanjang tahun 2020 ini,” ujar Hariani, Rabu (14/10/2020).

Berdasarkan permohonan kartu tanda pencari kerja (Kartu AK-1) dari 134 orang itu, Hariani menyebutkan, saat ini mereka sudah berada di tempat kerja masing-masing.

“Mereka sudah kami tempatkan dan sudah mendapatkan pekerjaan,” terangnya.

Sementara itu, jumlah pengangguran yang menurutnya dikatakan sangat tinggi daripada yang mencari pekerjaan.

Berdasarkan data pengangguran yang ia dapat dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS)  pada akhir tahun 2019, pihaknya menyebutkan pengangguran jumlahnya sebanyak 46.743 orang.

“Ini datanya masih pakai yang tahun 2019, karena saat ini BPS masih melakukan survei kembali,” jelasnya.

Dikatakan Hariani, BPS dalam melakukan pendataan biasanya dilakukan dua kali dalam setahun dan diserahkan pada bulan Desember melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur.

“Pendataan itu dilakukan setiap Februari dan Agustus oleh BPS, dan diserahkan pada bulan Desember,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disperinaker Bangkalan Tamar Djaja menambahkan, pihaknya akan terus melaksanakan program untuk kesejahteraan masyarakat, misalnya dalam menyediakan pelatihan kerja bagi para pencari kerja di Bangkalan.

“Salah satunya memberikan pelatihan berupa menjahit, permesinan atau yang lainnya,” tandasnya. (km56/mam).

Komentar

News Feed