Disperindag Pamekasan Kucurkan Rp6 Miliar untuk Relokasi Pasar Kolpajung ke Lapangan Kowel

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) RELOKASI: Disperindag Pamekasan merencanakan pemindahan Pasar Kolpajung ke Lapangan Kowel pada Agustus mendatang.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan merelokasi Pasar Kolpajung ke Lapangan Kowel. Hal tersebut diputuskan setelah pemkab mendapatkan kucuran dana Rp100 miliar dari  anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk pembangunannya, dan Rp5 sampai Rp6 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk relokasinya.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Achmad Sjaifuddin, pilihan Lapangan Kowel sebagai tempat relokasi sebab lokasinya terjangkau dan masih berada dalam pengawasan pemkab.

Bacaan Lainnya

“Dari sisi kedekatan lokasi, relatif dekat dengan pasar yang lama, jadi pemilihannya di Lapangan Kowel,”paparnya, Kamis (24/6/2021).

Sementara itu, ia menjelaskan, untuk jumlah pedagang yang akan direlokasi sekitar 1000 pedagang. Namun, sampai saat ini pihaknya belum melakukan sosialisasi kepada pedagang di Pasar Kolpajung.

“Harus matang dululah persiapannya sebelum adanya sosialisasi kepada stakeholder yang lain,” ulasnya

Selanjutnya, terkait progress dari rencana relokasi, pihaknya masih mempersiapkan detail engineering design (DED) dari tempat pembuangan sampah (TPS) dari lokasi alternatif Pasar Kolpajung. Sosialisasi akan dilakukan jika persiapannya sudah maksimal.

“Kurang lebih untuk anggaran lokasi yang baru sebesar Rp5 sampai 6 miliar, yang berasal dari APBD,” ujarnya.

Sedangkan relokasinya akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Sebab menurutnya, rencana kontrak pembangunan Pasar Kolpajung akan diselesaikan pada bulan November dan Desember.

“Pertama haru menyelesaikan pembangunan fisik TPS terlebih dahulu,” ungkapnya.

Ia berharap, pembangunan Pasar Kolpajung sesuai rencana, karena sampai saat ini masih belum diteken kontrak untuk pembangunannya.

“Semoga bisa berjalan dengan lancar tanpa rintangan yang berarti,” tukasnya. (rul/maf)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *