oleh

Disperindag Pastikan Stok Pangan Aman untuk Pasar Murah

Kabarmadura.id/Sumenep-Menghadapi bulan suci Ramadan dan di tengah pandemi Covid-19, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep memastikan stok sembako dipastikan cukup, khususnya untuk pasar murah. Kepala Disperindag Sumenep Agus Dwi Saputra menyampaikan, pasar murah akan tetap digelar untuk memberikan subsidi harga kebutuhan pokok untuk masyarakat yang tidak mampu.

“Paling sekarang yang kurang itu hanya gula. Sementara untuk yang lainnya seperti beras dan minyak sudah aman stoknya. Ya sudah ada dan memang itu menjadi prioritas untuk mengantisipasi melonjaknya harga di Bulan Ramadan ini. Tetap ada meskipun musim virus ini,” katanya, Kamis (26/3).

Sementara untuk permulaan pelaksanaan pasar murah, pihaknya akan merencanakan sudah dimulai bulan April mendatang. Sementara terkait stan pasar pihaknya berjanji akan dipasang di setiap kecamatan, artinya kemungkinan besar akan ada sekitar 27 stan.

Hal ini berbeda di Ramadan tahun sebelumnya, memang ada yang dipusatkan di daerah perkotaan. Sementara untuk menjaring pembeli yang sesuai kriteria, pihaknya mengaku akan dipasarkan kepada aparatur kecamatan dan aparatur desa, sebagai bentuk antisipasi agar tepat sasaran.

“Ramadan kan tinggal satu bulan, makanya kami sudah merencanakan April sudah dilaksanakan. Makanya kami sudah memerintahkan camat untuk melakukan pendataan, siapa saja yang dianggap layak, tentunya masyarakat yang secara ekonomi memang tidak punya,” imbuhnya.

Sementara untuk jumlah subsidi harga pangan yang akan distribusikan meliputi beras dan sebagainya, pihaknya hanya menjamin potongan 25 persen dari patokan atau yang telah ditetapkan di pasaran (sesuai harga pasar). Karena untuk pasar murah tetap akan dilaksanakan demi kepentingan pemenuhan hajat masyarakat terutama yang kurang mampu. (ara/pai)

 

 

 

Komentar

News Feed