Disperindag Tambah Sentra Industri Baru di Pasongsongan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Razin) KARDULUK: Sentra ukir di Desa Karduluk sudah terbukti melahirkan aneka furniture yang dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan Internasional.

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep tetap mengupayakan penambahan sentra baru perindustrian pada tahun 2020,yakni sentra industri petis di Kecamatan Pasongsongan. Sebelumnya, pemkab telah menetapkan 3 sentra industri Kabupaten Sumenep.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Industri dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, Muhammad Halil Rasihan mamaparkan, ada tiga titik yang sudah menjadi sentra perindustrian pada tahun 2019.

Bacaan Lainnya

“Pada tahun 2019 ada tiga sentra perindustrian yang sudah dibentuk, yakni sentra peralatan alat-alat dapur di Kalianget Timur, Kecamtan Kalianget. Kedua, sentra ukiran di Desa Tenonan, Kecamatan Manding. Ketiga, sentra ukiran di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan,” paparnya.

Sementara untuk jumlah yang direncanakan pada tahun 2021 ada sekitar enam sentra, di antaranya adalah sentra keris, kerajinan tangan, logam, kerupuk, dan bambu.

Untuk pemetaan dan pengembangan sentra perindustrian itu, ia pernah menganggarkan Rp100 juta lebih. Di Sumenep, diakui bahwa potensi sentra perindustrian cukup banyak tetapi target pada tahun ini hanya ada satu. Walaupun pemkab hanya menetapkan tiga sentra perindustrian, ia berharap masyarakat tidak surut untuk mengembangkan potensi perekonomian yang dimiliki.

“Pengembangan sentra harus ada partisipasi aktif dari masyarakat, karena tanpa dikembangkan sendiri dengan segala jenis potensi perindustrian yang ada akan vakum. Pemerintah tugasnya fasilitator, inisiatifnya harus dari masyarakat,” pungkasnya. (ara/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *