oleh

Disperindag Tidak Bisa Sanksi Pedagang Produk Ilegal dan Kedaluwarsa

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep mengaku  tidak bisa memberikan sanksi kepada pedagang yang menjual rokok ilegal, maupun makanan dan minuman (mamin) kedaluwarsa.

Kepala bidang (Kabid) Promosi dan Perlindungan Konsumen Cicik Suryaningsih mengungkapkan, tidak berhaknya memberikan sanksi baik berupa perampasan barang atau memproses pelaku dikarenakan tidak adanya penyelidik pegawai negeri sipil (PPNS).

“Ya pengawasan saja yang kami lakukan. Karena memang kami tidak berhak memberikan sanksi, seandainya kami mempunyai PPNS tentunya dia yang bisa memberikan sanksi,” katanya kemarin.

Cicik menambahkan, proses pengadaan PPNS tidak bisa ditentukan oleh daerah atau kabupaten tertentu, karena yang merekomendasikan adalah pemerintah pusat. Artinya ada jatah atau koutanya dan kebetulan daerah paling timur Pulau Madura ini belum tersedia.

Sementara, untuk melakukan pengawasan secara maksimal alternatifnya adalah mengadakan operasi gabungan bersama dengan pihak-pihak yang mempunyai kewenangan memberikan sanksi yang tidak hanya sekadar merampas tetapi berhak melanjutkan ke proses hukum.

“Meskipun kami tidak bisa memberikan sanksi, tetapi kami kan bersama-sama dengan Satpol PP yang bisa merampas barang yang sudah melanggar ketentuan dan dari pihak cukai sendiri yang bisa menghukum,” imbuhnya.

Kendati tidak berwenang memberikan sanksi, pihaknya mengklaim kesadaran masyarakat mulai tinggi untuk menghindari produk ilegal, hal itu terbukti ketika dilangsungkan pengawasan, semakin langka temuan-temuan produk yang tidak layak jual. (ara/pai)

Komentar

News Feed