Disperindag Tunjuk Koperasi Daun Emas Sejahtera untuk Mengelola KIHT Pamekasan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PROSPEK: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan memilih Koperasi Daun Emas Sejahtera (DES) untuk mengelola kawasan industri hasil tembakau (KIHT).

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Dalam pembentukan pilot project kawasan industri hasil tembakau (KIHT), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan memilih menggunakan Koperasi Daun Emas Sejahtera (DES). Sebab, hal itu dinilai lebih efektif pengelolaannya.

Menurut Kepala Disperindag Pamekasan Ahmad Syaifuddin, pengelolaan KIHT melalui koperasi dilakukan atas berbagai pertimbangan setelah melakukan studi tiru ke dua lokasi, yaitu ke KIHT Kudus dan Soppeng. Selain itu, yang akan menempati KIHT adalah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di bidang rokok. Sehingga pengawasannya akan lebih mudah.

Bacaan Lainnya

“Kami itu mengelola IKM, bukan pabrikan besar, selain juga ada orang dinas nantinya yang akan terlibat langsung pengelolaannya. K0alau di BUMD, seakan-akan orang dinasnya lepas tangan gitu ya, karena pengelolaan sepenuhnya diserahkan kepada BUMD,” paparnya, Rabu (24/11/2021).

Syaifuddin melanjutkan, koperasi tersebut telah dibentuk dan izinnya dalam tahap proses. Sementara untuk anggotanya berjumlah 15 orang. “Yang berasal  dari kalangan profesional ada dua orang, sedangkan tiga orang berasal dari Dinasi Koperasi, sisanya dari Disperindag,” ulasnya.

Sementara itu, untuk progres KIHT masih dalam tahap perampungan master plan. Rencananya akan menampung 10 sampai 20 pengusaha rokok. “Intinya bergerak beriringan, izin koperasinya sedang diproses, termasuk akte notaris dan semacamnya,” ujarnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *