Disperta dan KP Sampang Dorong Produktivitas Poktan dengan Program Bina Tani

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta dan KP) Sampang mendorong produktivitas kelompok tani (poktan) untuk mempertahankan jumlah petani. Sebab, melalui poktan, petani baru maupun petani lama bisa dibina untuk mengembangkan produk pertanian.

Kepala Disperta dan KP Sampang Suyono mengaku bahwa petani tetap bersemangat apabila hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan. “Kami berkewajiban mempertahankan pertanian. Baik dari sektor lahan maupun sumber daya manusia (SDM)-nya, ” katanya.

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, Disperta memiliki program Bina Tani. Program tersebut merupakan program pembinaan yang lakukan secara langsung melalui penyuluh dan petugas dari Disperta. Selain itu, menurutnya, program juga bisa dilakukan melalui poktan.

“Kami lakukan pembinaan bagaimana cara bercocok tanam dengan baik. Termasuk pemilihan waktu pembenihan yang tepat. Sehingga hasilnya maksimal, ” katanya.

Ia juga menceritakan, bercocok tanam bisa dengan menggunakan pupuk murah. Selain itu, dengan sistem fermentasi, hasil tanaman akan maksimal. Ia mengungkapkan, anggaran yang dialokasi untuk pertanian tidak sedikit.

“Saya tidak menghitung keseluruhan total anggaran. Karena ada yang dari pemerintah pusat dan daerah. Termasuk alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diperoleh dari pemerintah pusat,” terangnya.

 

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *