oleh

Disperta Sampang Tambah Kuota Pupuk Bersubsidi

KABARMADURA.ID, Sampang – Curah hujan di Kabupaten Sampang semakin tinggi. Pada musim tanam ini, Dinas Pertanian (Disperta) setempat klaim kebutuhan pupuk bersubsidi cukup hingga akhir tahun. Itu setelah adanya tambahan bantuan pupuk dari Kementerian Pertanian.

Data yang dihimpun Kabar Madura, Disperta mendapatkan bantuan pupuk subsidi tambahan sebanyak 1.775 ton pupuk urea. Dengan demikian, Maka jumlah ketersediaan stok menjadi 16.700 ton. Sementara sebelumnya, stok hanya sebanyak 14.700 ton.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Suyono, membenarkan adanya bantuan pupuk bersubsidi. Dia mengaku bantuan tersebut masih baru turun. Sementara pengajuan dilakukan sejak bulan Juni 2020.

“Iya benar ada bantuan. Kami mengajukan beberapa bulan lalu dan baru dapat bantuan,” katanya.

Dia mengatakan jika stok itu cukup untuk memenuhi kebutuhan tiga bulan kedepan. Mulai dari November, Desember hingga januari. Pupuk subsidi pada tahun ini mendapat tambahan kuota. Sehingga diproyeksikan tidak akan terjadi kelangkaan dan kekurangan pupuk.

Dikatakan, pupuk subsidi itu akan disalurkan kepada pemilik kartu tani. Sehingga, pupuk bisa diambil sesuai jatah yang sudah ditentukan. Sementara petani yang tidak memiliki kartu tani akan diberikan kebijakan dengan pembelian secara manual.

“Kementerian pertanian memberikan kebijakan soal pembelian pupuk bersubsidi. Selama petani masih banyak yang belum mempunyai kartu tani maka bisa dilakukan pembelian secara manual,” katanya.

Pembelian pupuk manual disediakan formulir khusus. Sementara para petani yang sudah mempunyai kartu tani tetap melakukan pembelian seperti ketentuan yang sudah ada. Sehingga, semua petani dipastikan menerima hak yang sama bisa menggunakan pupuk bersubsidi.

Suyono menambahkan, jika petani yang sudah membeli dengan kartu tani tidak bisa membeli manual. Sebab menurutnya, Disperta  sudahmelakukan pencatatan secara sistem online. (km54/mam)

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed