Dispertahorbun Bangkalan Tunda Peresmian Kebun Bang Jani

  • Bagikan
(FOTO: KM/ISTIMEWA) MENJELASKAN: Kepala Dinas Pertanian. Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan saat memberikan penjelasan kepada awak media.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN Peresmian Agrowisata Bang Jani di Desa Langkap, Kecamatan Burneh ditunda. Penundaan tersebut disebabkan adanya pandemi Covid-19 serta saluran pengairan yang belum maksimal.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Dispertahorbun)  Bangkalan Puguh Santoso menyampaikan, peresmiannya sudah diputuskan ditunda hingga bulan April. Sebab, selain adanya pandemi Covid-19, belum ada sambungan air yang mengalir untuk tetap menghijaukan tanaman di lahan tersebut. ”Kami tunda karena masih belum bisa mengumpulkan orang banyak, dan belum ada saluran air untuk merwat tanaman disana,” katanya.

Menurut Puguh, tanaman di lahan tersebut masih didominasi tanaman tadah hujan. Sedangkan dirinya menginginkan tanaman di agrowisata tersebut terus hijau. Sebab, akan dijadikan wisata dan dikunjungi masyarakat secara umum. ”Kalau nanti ada yang kunjungan kan tidak mungkin tanamannya kering,” jelasnya.

Pihaknya mengupayakan ada saluran yang dapat dimanfaatkan untuk penghijauan. Sehingga tanaman bisa tetap hijau. Sembari menunggu saluran disambung dirinya menetapkan Februari sebagai peresmiannya. ”Kami akan memaksimalkan itu, sehingga setelah diresmikan nanti sudah siap semuanya,” paparnya.

Anggota Komisi B DPRD Bangkalan Fadhur Rosi mengutarakan, jika dirinya memberikan dukungan terhadap upaya memaksimalkan agrowisata tersebut. Sebab, selain nanti menguntungkan untuk petani, juga menjadi nilai wisata yang dapat menarik pengunjung dari luar daerah. ”Saya rasa itu bagus, tapi harus benar-benar dimaksimalkan, agar bisa bertahan dalam jangka panjang,” pungkasnya. (km59/mam)

Baca juga  Kalapas Sesalkan Polisi Tembak Kurir Narkoba
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan