Dispertahorbun Sumenep Tegaskan Bantuan Benih Padi Jagung Gratis

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) BERTANAM: Dispertahorbun Sumenep klaim bantuan benih jagung dan padi untuk petani sudah terealisasi sepenuhnya.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Bantuan benih jagung dan padi untuk petani diklaim sudah terealisasi sepenuhnya. Namun dalam realisasinya tidak semua kecamatan mendapatkan bantuan benih itu. Tercatat Kecamatan Talango dan Gili Genting luput dari bantuan benih tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Sumenep Arif Firmanto menyampaikan, bantuan benih padi dan jagung diberikan langsung kepada masing-masing kelompok tani (poktan) yang tersebar di beberapa kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Sudah terealisasi, harapannya para petani dapat memanfaatkan dengan baik bantuan itu,” kata Arif.

Menurutnya, bantuan benih pada musim ini lebih meningkat daripada tahun sebelumnya. Sebelumnya hanya jagung, tidak ada bantuan padi.

Dikatakan Arif, bantuan benih padi yang dibagikan dengan sasaran 6.685 hektare. Sedangkan jagung sekitar 21.160 hektare. Sementara wilayah kecamatan yang tidak diberikan bantuan benih padi hanya Kecamatan Talango dan Gili Genting. Sebab, di dua kecamatan itu belum bisa memproduksi padi.

“Sekarang sudah masuk musim tanam, makanya bantuan itu lebih banyak daripada sebelumnya. Intinya, bantuan itu tidak diberikan kepada individu melainkan kepada petani yang tergabung di poktan,” imbuhnya.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKP) Sumenep itu menambahkan, bantuan itu sifatnya gratis, sementara penyaluran itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Keris yang notabene sebagai petani maupun buruh tani.

“Gratis, ini murni bantuan” singkatnya.

Reporter : Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *