oleh

Dispertahortbun Bangkalan: Tidak Ada Anggaran Khusus untuk Alsintan

KABARMADURA.ID, AROSBAYA-Anggraan khusus untuk bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Bangkalan tahun ini nihil. Bantuan yang biasanya diberikan pada kelompok pengelola jasa pertanian itu sudah tidak disediakan oleh pemerintah kabupaten.

Kepala Dispertapahorbun Bangkalan Puguh Santoso menyampaikan, anggaran bantuan alsintan mayoritas bersumber dari pokir Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan. Sehingga data yang ada di dinasnya, bantuan khusus untuk alsintan tidak dianggarkan.

“Tujuan para dewan baik, untuk memenuhi kebutuhan para petani. Dari sepertinya tidak ada, makanya nanti fokus pada pokir ini,” katanya.

Petani nantinya harus mengajukan proposal penerimaan alsintan. Mereka mendapatkan bantuan itu sesuai persyaratan yang sudah ditetapkan. Salah satunya, memiliki kelompok tani yang sudah aktif dan berjalan.

“Nanti diverifikasi oleh petugas, tidak mendapatkan semua, melihat tingkat kebutuhan juga,” bebernya.

Sedangkan salah satu pengelola Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Bangkalan Supriyanto Purnomo mengaku, bakal kesulitan mendapatkan bantuan apabila bantuan alsintan masuk pada pokir dewan. Sebab, pengelolaan alsintan dari pokir itu dinilai terbatas. “Kalau dari dinas, kan kami yang mengelola, dan siapapun bisa mengaksesnya, kalau dari pokir ini kami tidak tahu bagaimana nanti teknisnya,” ungkapnya.

Jika pengadaannya melalui pokir, petani khawatir tidak bisa mendapatkan akses bantuan tersebut. Sebab, masing-masing dewan kemungkinan juga memiliki prioritas di wilayahnya masing-masing.

“Kalau nanti tidak ditentukan teknisnya, khawatir akan jadi berebutan,” pungkasnya. (km59/mam)

Komentar

News Feed