Dispertahortbun Sumenep Komitmen Ciptakan Kampung Horti

  • Whatsapp
(FOTO: ARIF FIRMANTO FOR KM) LUAR BIASA: Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahotbun) Sumenep akan terus menciptakan kampung horti.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Sumenep mendapat bantuan bibit dari Kementerian Pertanian (Kementan). Bantuan yang disalurkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura itu diharapkan untuk menciptakan kampung hortikultura.

Kepala Dispertahortbun Sumenep Arif Firmanto mengatakan, bantuan dari Kementan berupa bibit mangga dan kelengkeng. Sementara untuk ketersediaan lahan dibutuhkan 70 hektare. Rinciannya bibit mangga sebanyak 50 hektar dan kelengkeng 20 hektare.

Bacaan Lainnya

“Disperthortbun memiliki kesempatan menciptakan kawasan kampung horti (buah/sayur) yang memiliki dampak ekonomis bagi petani dan warga sekitar,” katanya, Selasa (14/9/9/2021).

Dikatakannya, untuk bibit mangga diperuntukkan 100 pohon untuk 1 hektare. Sedangkan bibit kelengkeng sebanyak 4.000 pohon untuk 20 hektare. “Program ini akan mendorong produksi hortikultura berdaya saing dan ramah lingkungan,” paparnya.

Dijelaskannya, kampung yang mendapat bantuan bibit kelengkeng yakni di Desa Pasongsongan dan desa Rubaru. Sedangkan bibit mangga tersebar di Pragaan, Bluto, Pasongsongan dan Ra’as. Sementara dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pria yang akrab disapa Arif itu menjelaskan, pengembangan hortikultura harus ditempuh dengan terobosan khusus atau dengan cara-cara extraordinary dan inovatif. pendekatannya juga harus holistik, terintegrasi hulu hingga hilir.

“Kami saat ini mulai bergerak. Semoga Sumenep menjadi kampung yang sangat diperhitungkan dalam segi tanaman yang berkualitas,” ujarnya.

Perlu diketahui bersama, bantuan tersebut merupakan salah satu program yang sedang dikembangkan adalah 1000 kampung hortikultura. Program ini merupakan salah satu upaya Kementan mengkonsolidasi lahan-lahan dalam satu kawasan kesatuan administratif, yaitu kampung atau desa.

Reporter: Imam Mahadi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *