Dispertan dan KP Bangkalan Ancam Polisikan Poktan Nakal

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Alat mesin pertanian (Alsintan) yang dihibahkan oleh pemerintah pusat ke kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Sampang akan mendapatkan pantauan khusus. Bahkan, apabila terbukti poktan menggelapkan alat tersebut akan dilaporkan ke polisi. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta dan KP) Sampang Suyono, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, alsintan tidak boleh digadaikan dan dijual maupun digelapkan. Sebab, ketersediaan alat tersebut hanya untuk dimanfaatkan oleh petani dalam bercocok tanam. Sedangkan jumlah alsintan yang sudah tersalurkan cukup banyak. Pada tahun 2020 lalu, jumlah bantuan lebih banyak dibandingkan tahun 2021 ini.

“Kami tidak tahu pasti di tahun 2020, tapi yang jelas lebih banyak dibanding tahun ini yang hanya mencapai 199 unit,” ujarnya.

Pihaknya memaparkan, jenis alsintan yang direalisasikan terhadap poktan cukup bervariasi. Mulai hand traktor, pompa air, cultivator, mesin padi hingga supplier. Pemberian bantuan dilakukan secara merata, dengan rincian 160 supplier, 3 unit mesin padi, 10 unit pompa air, 10 unit cultivator dan 6 unit hand traktor.

“kami akan mengawasinya. Karena jika tidak, alsintan tidak akan dirawat. Tapi yang paling penting bisa bermanfaat kepada masyarakat. Karena ketika penyalurannya, kami sudah memberikan pengarahan, baik mengenai perawatan dan penggunaannya. Hal yang paling utama, dilarang keras menggelapkan alsintan,” paparnya.

Ditegaskan, alsintan hanya bisa disewakan dengan ketentuan untuk biaya perawatan. Akan tetapi, pendapatan hasil sewa tidak boleh dinikmati perorangan atau pribadi. Bahkan dalam persewaan, harus disetujui semua anggota poktan. “kami akan laporkan ke polisi, jika terbukti ada alsintan yang digelapkan. Kami sudah himbau agar alsintan harus tetap dimanfaatkan oleh petani,” tegasnya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *