Dispertan dan KP Sampang Menuduh UPJA Pelaku Penarikan Alsintan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID-Setelah lama menjadi bahan perbincangan, akhirnya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta dan KP) Sampang Suyono, angkat bicara mengenai penarikan alat mesin pertanian dari beberapa kelompok tani (poktan). Dia menuding, penarikan alat dilakukan oleh Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), Selasa (13/7/2021).

Sebab, UPJA di sejumlah lokasi memiliki kewenangan menarik alsintan, jika pengelolaannya kurang baik. Terlebih, petani tidak membayar biaya perawatan. Sebab, manajer UPJA yang dipilih oleh petani memiliki kewenangan untuk melakukan penarikan alsintan. “Manajer UPJA ini yang memiliki raport petani. Siapa saja yang tidak menyetor biaya perawatan dan pengelolaan mesin,” ujarnya.

Dia mengaku, sudah mengkroscek di internal instansinya. Alhasil, tidak ada petugas atau karyawan yang melakukan penarikan alsintan. Terutama, di bidang yang menangani tentang alsintan. Sehingga dipastikan, penarikan tidak ada kaitan dengan oknum di Disperta. “Silahkan cek saja di UPJA.  Siapa tahu mereka sengaja menarik alsintan dengan alasan tertentu. Yang pasti, kalau alsintan hibah dari kami maupun pemerintah pusat tidak kita tarik,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu anggota poktan di Desa Tanggumong yang namanya enggan dikorankan memastikan, penarikan tidak dilakukan oleh UPJA. Bahkan, meyakini jika penarikan dilakukan oleh oknum Disperta.  “Tidak mungkin UPJA  yang menarik alsintan. Selama ini, UPJA tidak berperan disini,” paparnya.

Bahkan, penarikan itu dilakukan lantaran sejumlah poktan tidak menebus ketika mendapatkan hand tractor. Sedangkan, kondisi yang terjadi di desa lain harus menebus dengan membayar uang saat pengambilan ke Disperta. “Ini jelas, kami sudah terjun langsung ke lapangan dan mencari tahu tentang pengambilan bantuan alsintan terhadap sejumlah desa lain yang juga mendapatkan bantuan,” tukasnya.  (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *