Dispertan KP Sampang Gelar Pelatihan Pengacipan Mete

  • Whatsapp
(FOTO: IST FOR KM) TINGKATKAN NILAI EKONOMIS: Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Sampang menggelar pelatihan pengacipan jambu mete, Rabu (1/12/2021).

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Sampang menggelar pelatihan pengacipan jambu mete di  di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sokobanah dan Ketapang pada Rabu (1/12/2021).

Pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan nilai tambah produk petani. Sehingga,para petani bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi dibandingkan menjual secara gelondongan. 

Bacaan Lainnya

Kepala Disperta KP Sampang Suyono melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Nuruddin mengatakan, ada 30 petani yang mendapatkan pelatihan pengacipan mete tersebut, setiap kecamatan diwakili oleh 15 petani.

Ia juga menguraikan, pelatihan terkait teknik mengupas kacang mete ini bertujuan agar masyarakat mampu mengolah kacang agar memiliki nilai tambah secara ekonomi. Sebab menurutnya, selama ini para petani menjual kacang dalam bentuk mentahan. Setelah mendapatkan pelatihan, pihaknya berharap para petani bisa menjual kacang dengan harga yang relatif tinggi.

“Pelatihan pengacipan mete ini untuk meningkatkan nilai ekonomis bagi petani dari pada menjual gelondongannya saja,” tutur Nuruddin, Rabu (1/12/2021).

Nuruddin membeberkan, pihaknya berkomitmen akan terus memfasilitasi dan memberikan pelatihan agar kualitas jambu mete petani di daerahnya semakin meningkat dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

“Prinsipnya, kami akan terus lakukan pembinaan dan pelatihan agar para petani benar-benar bisa mengupas dengan bagus, dan harga jual mete bisa lebih tinggi,” tutupnya.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *