oleh

Dispertan Sampang Berharap Bantuan Mesin Panen Padi Bisa Wujudkan Petani Sejahtera

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Pertanian (Dispertan) Sampang menerima bantuan mesin alat panen padi (Combine harvester) dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI sebanyak empat unit. Bantuan alsintan tersebut nantinya akan disalurkan kepada kelompok tani (Poktan) di tiga Kecamatan, meliputi Sampang, Camplong dan Kedungdung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispertan Sampang Suyono menuturkan, bantuan alsintan dari Kementan itu diakui sangat membantu para petani, maka diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani.

Pria yang dikenal ramah itu menuturkan, bagi petani di luar poktan dipersilahkan memanfaatkan bantuan mesin tersebut, dengan catatan mendapatkan persetujuan dan kesepatakan dari anggota kelompok yang lain, bahwa inventaris mesin panen itu dimanfaatkan untuk membantu poktan yang lain yang membutuhkan.

“Bantuan mesin panen padi ini tergolong peralatan besar dan mahal. Kami minta Poktan harus bisa menjaga dan merawat, biar aman dan awet, serta dapat dimanfaat sacara maksimal,” tutur Suyono kepada Kabar Madura, Senin (21/09/2020).

Dirinya membeberkan, untuk proses penyaluran bantuan mesin panen padi tersebut, pihaknya mengaku masih menunggu running tes dari pabrikan yang tujuannya untuk memastikan bahwa mesin itu hidup dan bisa dioprasionalkan, setelah itu baru bisa diserahterimakan kepada poktan penerima. Tetapi, para poktan penerima harus diajari terkait penggunaan, perawatan mesin yang benar.

“Mesin ini pada dasarnya berfungsi untuk membantu para patani dalam menekan biaya panen dan bertani lebih efektif serta hasil panen lebih berkualitas,” ungkapnya.

Sambung Suyono, memanfaatkan alsintan itu menunjukkan bahwa bertani itu mudah, sehingga pola pikir para pemuda di sampang khususnya, tidak lagi menjauhi sektor pertanian, tetapi kembali ke desa, menggerakkan perekonomian, sehingga kesejahteraan para petani meningkat. (sub/mam)

Komentar

News Feed