oleh

Dispertan Sampang Gencarkan Pemeriksaan Sapi Kurban

Kabarmadura.id/Sampang-Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Pertanian (Dispertan) Sampang, menggencarkan pemeriksaan terhadap hewan kurban, baik sapi atau kambing secara gratis.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispertan Sampang Suyono mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan sapi kurban di dua tempat, yakni di pasar hewan Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Sampang.

Dirinya mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk monitoring hewan kurban. Sebab, dirinya tidak menginginkan masyarakat salah milih dalam membeli sapi kurban. Hal itu dilakukan karena, jika sapi bunting atau produktif dijadikan hewan kurban akan mengurangi populasi sapi Madura.

“Kebanyakan masyarakat tahu keriteria sapi yang sehat itu terletak pada bulunya gemerlap dan tidur, padahal kondisi hidung sapi yang tidak meler dan mata cerah itu juga berpengaruh besar pada kesehatan sapi,” ungkapnya, Minggu (5/7/2020)

Selain itu, dalam melakukan pemeriksaan kesehatan sapi, pihaknya akan menugaskan dua petugas, salah satunya dokter hewan yang nantinya akan diturunkan ke masing-masing pasar.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin mengecek kesehatan sapinya bisa langsung mendatangi petugas yang ada di lapangan. Dia memastikan pemeriksaan itu nantinya tidak akan dipungut biaya atau gratis.

“Nanti untuk yang dilakukan pemeriksaan langsung datangi petugas, itu gratis dan tanpa perayaratanapapun,” pungkasnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed