oleh

Dispertan Sampang Janji Perketat Pengadaan Sapi Poktan

KABARMADURA.ID, Sampang – Pengadaan bantuan sapi untuk kelompok tani (poktan) mulai menjadi perhatian serius Dinas Pertanian (Dispertan) Sampang. Bantuan itu akan diawasi secara ketat, bahkan apabila nantinya tidak sesuai petunjuk teknis (juknis) akan dikembalikan kepada pihak rekanan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Sampang Hendra Gunawan mengatakan, jika  pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat saat pengadaan berlangsung. Bahkan mulai dari harga, kualitas, hingga ukuran sapi menjadi perhatian dinasnya.

“Tinggi sapi tidak boleh kurang dari 145 sentimeter,” katanya.

Dia menjelaskan, anggaran Rp559.000.000 ini akan dibelanjakan sebanyak 40 ekor sapi, yakni jenis Sapi Madura dan Madrasin. Setiap poktan akan menerima sepuluh sapi yang terdiri dari jenis kelamin jantan dan betina.

Diakui, jika penerima bantuan berasal dari Kecamatan Robatal dan Kecamatan Camplong. Dua poktan mendapatkan sapi Madura dan dua poktan lainnya, mendapatkan sapi Madrasin.

“Kita mengawasi ketat soal pengadaannya. Jika ada sapi yang tidak sesuai akan diganti. Sebab setiap sapi yang dibeli disesuaikan dengan perencanaan yang sudah tercantum di perjanjian pemenang lelang.

Informasi yang dihimpun Kabar Madura, program ini diajukan sejak tahun 2018 lalu. Namun, pada tahun 2019 tidak bisa digelar akibat tidak anggaran. Akhirnya program yang sebelumnya melekat di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sampang itu dialokasikan melalui Dispertan setempat.

Dalam program ini, khususnya pengadaan sapi, Dispertan Sampang mengalokasikan anggaran senilai Rp 560.000.000. Namun, nilai HPS paket tertulis Rp 559.000.000 melalui APBD tahun 2020. Dana itu akan dibelanjakan sebanyak 40 ekor yang disebar kepada poktan yang sudah terdaftar namanya. (km54/mam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed