oleh

Dispertan Sampang Siapkan Rp1,2 M Tingkatkan Kualitas Tembakau

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Pertanian (Dispertan) Sampang, menyiapkan anggaran hingga Rp1,2 miliar untuk program peningkatan kualitas tembakau. Program itu bertujuan untuk meningkatkan daya jual tembakau petani di wilayah itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispertan Sampang Suyono mengatakan, terkait program peningkatan bahan baku tembakau itu, pihaknya melakukan pembinaan, sosialisasi, dan bantuan bibit tanaman kepada petani.

Berkenaan dengan peningkatan kualitas tembakau, pihaknya mengarahkan petani untuk membeli benih-benih tembakau yang bersertifikat. Sebab, jika tidak bersertifikat khawatir kualitas tembakau kurang bagus, sehingga nantinya malah menurunkan harga. Selain itu, pihaknya mengharuskan penggunaan pupuk harus diberikan dengan pupuk dengan MPK lebih tinggi.

“Kami tetap memberikan bimbingan terhadap petani tembakau, untuk meningkatkan kualitas produksinya nanti,” ungkapnya, Kamis (6/8/2020).

Selain memberikan pembinaan, pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa alat berat atau mesin agar pergulutan tanahnya lebih bagus dan lebih cepat, sehingga biaya yang dikeluarkan petani juga lebih efisien.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengaku akan memberikan bantuan alat perajang yang lebih berkualitas agar ketika pengolahan bahan tembakau itu bisa diatur.

Namun demikian, pihaknya mengakui program tersebut belum berjalan seratus persen. Sebab untuk bantuan berupa alat mesin belum disalurkan, adapun untuk tanaman dan sosialisasi serta bantuan pupuk sudah dilakukan.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memperbaiki kualitas budidaya sampai ke pasca panen tembakau,” pungkasnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed