oleh

Dispertan Sampang Tak Kunjung Salurkan Bantuan Empat Unit Alsintan

Kabarmadura.id/Sampang-Kementerian Pertanian tahun 2020 memberikan bantuan mesin combine ke Dinas Pertanian (Dispertan) Sampang. Adapun jumlah mesin combine tersebut sebanyak empat unit. Bantuan itu berdasarkan pengajuan kelompok tani di Kota Bahari melalui Dispertan Sampang.

Namun, bantuan sarana prasarana  mesin tersebut hingga saat ini belum diserahkan kepada kelompok tani. Untuk menyalurkan bantuan itu, pihaknya masih menunggu running tes dari pabrikan untuk memberikan pemahaman terkait penggunaan dan fungsi mesin combine.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispertan Sampang Suyono menuturkan, bantuan tersebut berasal dari program pengadaan sarana prasarana bidang pertanian. Dia menuturkan, bantuan tersebut berdasarkan pengajuan dari kelompok tani yang ada di Kota Bahari, tetapi dari semua kelompok tani yang mengajukan hanya da empat kelompok yang lolos, sehingga hanya mendapatkan empat unit.

“Hingga saat ini tidak bisa disalurkan,” ungkapnya, Selasa (7/9/2020).

Suyono menuturkan, selain menunggu running tes dari pabrikan, dia menuturkan masih menunggu data kelompok tani yang lolos, sehingga ketika data yang lolos tersebut diketahui dan sudah diberikan running tes oleh pabrikan, mesin combine tersebut akan segera disalurkan.

Tetapi, saat ditanya kapan data dan running tes tersebut akan dilakukan, pihaknya mengaku tidak tahu. Jadwal tersebut menunggu petunjuk dari Kementerian.

“Untuk menyalurkannya, kami nunggu data kelompok yang menerima,” imbuhnya.

Adapun untuk harga satu unit mesin combine senilai Rp140 juta. Sehingga dengan ini, Dispertan selalu berhati-hati untuk memberikan ke kelompok tani jika tidak paham terkait penggunannya.

“Mesin ini mahal, jadi penggunanya harus berhati-hati, sehingga harus menunggu running tes dari pabrikan, dan ini memang tugas pabrikan,” pungksnya. (mal/pin)

Komentar

News Feed