oleh

Dispora Pamekasan Paskibraka Siap Sukseskan HUT RI ke-75

Kabarmadura.id/Pamekasan–Jelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pamekasan, siap menyukseskan upacara pengibaran bendera merah putih di Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan pada 17 Agustus mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Pamekasan Imam Rifadi menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 74 putera-puteri terbaik dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) negeri dan swasta di Kabupaten Pamekasan, untuk bertugas mengibarkan bendera merah putih saat upacara nantinya.

Pihaknya telah melaksanakan proses seleksi sejak Februari lalu. Sementara latihan dimulai sejak tanggal 27 Juli lalu. Saat ini pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) itu telah mengalami banyak perkembangan. Dirinya yakin mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Mereka sudah banyak latihan, perkembangannya pesat, dan saya rasa sudah siap menyukseskan HUT RI ke 75 nanti,” ucapnya, Rabu (12/8/2020).

Dijelaskannya, proses latihan telah dilakukan secara maksimal. Pihaknya bekerjasama dengan instruktur professional dari kalangan TNI, Polri dengan dibantu oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) yang telah sukses mengibarkan bendera merah putih di tahun-tahun sebelumnya.

Namun karena setiap kecamatan meminta delegasi paskibraka sebanyak lima orang, maka hanya sembilan paskibraka yang nantinya akan bertugas mengibarkan bendera di Mandhapa Agung Ronggosukowati. Sementara lainnya akan mengibarkan bendera di 13 kecamatan di Pamekasan.

Dia berharap seluruh pihak dan orang tua memberikan dukungan moral kepada para paskibraka, agar nantinya prosesi pengibaran bendera bisa berjalan dengan lancar. Sebab menurutnya, butuh kesiapan mental untuk bisa memberikan performa terbaik baik di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan.

Selain itu, Imam berharap pada saat proses pengibaran bendera dan menyanyikan lagu Indonesia raya nantinya, semua pihak dapat menghentikan segala aktivitas sejenak untuk ikut serta menyanyikan lagu Indonesia raya secara khidmat, untuk mengenang kemerdekaan Indonesia.

“Kecuali kegiatan yang benar-benar tidak bisa ditinggalkan meski hanya sejenak seperti aktivitas dokter yang menangani pasien,” harapnya.

Segala kebutuhan paskibraka telah pihaknya persiapkan, bahkan seluruh atribut yang menempel di tubuh paskibraka pada saat upacara nanti akan diserahkan secara cuma-cuma sebagai reward karena telah berdedikasi untuk negeri dan Kabupaten Pamekasan.

Sebelum menjalani tugasnya, paskibraka akan dikukuhkan oleh Bupati Pamekasan pada tanggal 14 Agustus sebelum kemudian dikarantina di hotel SMK 3 Pamekasan. Kemudian setelah selesai menjalankan tugasnya dengan sempurna, mereka akan dikukuhkan Bupati sebagai PPI. (ali/pin*)

Komentar

News Feed