Disporabudpar Sumenep Fokus Peningkatan Cabor Tradisional

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) DIHARAPKAN: Olahraga bisa menambah prestasi dan menjadi brand Sumenep.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Peningkatan olahraga pasti dianggarkan setiap tahun oleh Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disporabudpar) Sumenep. Hal itu untuk meningkatkan prestasi di setiap cabang olahraga (cabor).Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Sumenep Subiyanto, mengatakan, tahun ini Rp2 miliar untuk dana pengembangan cabor. Termasuk peningkatan cabor.

“Memang tahun 2021 ini akan ada tambahan cabor baru yang memang dimasukkan  dan diambil dari olahraga tradisional. Titik tekannya agar mendapatkan perhatian juga,” katanya.

Bacaan Lainnya

Tambahan tersebut asalnya berjumlah 21 cabor, lalu menjadi 25 cabor. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan mencetak atlet lebih banyak;  khususnya di kabupaten paling timur Pulau Madura ini.

Dia menyebutkan, dari 25 cabor dapat dikategorikan menjadi poksi, olahraga berat, binaraga, bal budih, ketapel, dan disabilitas. Tetapi, khusus disabilitas dimaksimal anggaran 2022.

“Nah, yang tradisional adalah katapel dan bal budi. Sebab, nantinya biar dapat perhatian juga, baik melalui dana, atau perhatian lainnya. Sementara cuma itu dulu,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, agar dana olahraga yang dikucurkan dapat memberikan timbal balik, semisal peningkatan jumlah prestasi yang dicapai di tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Siti Hosna mengatakan, untuk peningkatan prestasi, pihaknya mengapresiasi, namun untuk cabor tradisional harus direncanakan ikut yang memang ada kompetisinya.

“Kalau katapel, barangkali ada lombanya di luar Sumenep, kalau tidak ada ya harus menggelar yang bisa diikuti oleh masyarakat luar, sehingga Sumenep semakin dikenal luas ,” paparnya. (ara/KM58)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *