oleh

Distribusi Bantuan Ayam Joper Tuntas, Ini Kata Komisi B

Kabarmadura.id/Bangkalan-Bantuan ayam Jowo Super (Joper) dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) baru selesai didistribusikan. Kendati demikian, isu yang merebak di masyarakat mulai muncul. Mulai dari distribusi ayam yang tidak sesuai ketentuan,kemudian ditambah dengan banyaknya ayam yang mati saat didistribusikan.

Mengenai hal tersebut, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan mengatakan, jika ada kendala atau permasalahan yang terjadi mengenai program tersebut, bukan merupakan tanggung jawa dari pihak pemerintah kabupaten  yang menerima bantuannya. Sebab, program tersebut merupakan program dari pemerintah pusat. Sehingga pemkab hanya bisa menjembatani program tersebut agar bisa tersampaikan kepada penerima.

“Kita tidak punya kewenangan apapun. Sepenuhnya pusat yang akan menangani. Sebab itu dana dari pusat yang langsung diberikan pada penerima yang telah ditunjuk,” kata anggota komisi B Fadhur Rozi.

Masih menurut Fadhur Rozi, meski ada temuan-temuan, namun, tak bisa disentuh langsung oleh daerah. Karena, dirinya kembali menegaskan, bahwa dalam bantuan ayam joper ini sepenuhnya kewenangan pemerintah pusat. Pihaknya telah melakukan pemanggilan pada dinas peternakan dan melakukan koordinasi tentang distribusi ayam joper tersebut. Dari pertemuan tersebut, pihaknya dan dinas peternakan (Disnak) tak memiliki kewenangan pasca pendistribusian itu selesai.

“Sejauh ini berdasarkan hasil pertemuan kemarin juga belum ada laporan penemuan,” tuturnya.

Jika benar-benar ditemukan temuan-temuan tersebut, Fadhur Rozi menyampaikan, nantinya, pihaknya hanya bisa mengirimkan informasi tersebut ke pusat.

“Kalau ada, kita cuma bisa menjembatani supaya sampai ke pusat. Agar pusat nanti bisa lakukan tindakan. Kita tidak punya kewenangan apapun,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Peternakan Bangkalan Ahmad Hafiz menuturkan, distribusi program ayam joper ini telah selesai di 5 kecamatan. Perlu diketahui, bantuan ini menyasar 5 kecamatan yakni Kecamatan Tragah, Kecamatan Labang, Kecamatan Socah, Kecamatan Burneh dan Kecamatan Kamal.

Untuk RTMP-nya yang akan menerima ayam joper sebanyak 8.931 Kartu Keluarga (KK). Di mana ayam yang akan diberikan sebanyak 446.560 dengan per-RTMP diberi ayam sebanyak 50 ekor.

“Sudah terdistribusi 100 persen. Kalau terjadi masalah mengenai program ini bukan ranah kami, bukan wewenangnya,” tandasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed