oleh

Distribusi Logistik Dilindungi Plastik

Kabarmadura.id/SAMPANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang menyebut, proses pendistrubusian logistik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, akan diperlakukan secara khusus. Untuk menjaga keamanan, pengiriman logistik berupa kotak suara, surat suara dan lainnya, akan dibungkus kantong plastik.

Ketua KPU Sampang Syamsul Mu’Arif berujar, proses pendistribusian logistik pemilu itu, akan dilaksanakan pada awal bulan April mendatang. Pasalnya, saat ini sebagain logistik pemilu, seperti kotak suara masih dalam proses perakitan, sedangkan proses pelipatan sebagian surat suara baru selesai minggu kemarin.

Dalam waktu dekat ini, KPU Sampang masih akan mengatur surat suara untuk dimasukkan ke dalam amplop dan kotak suara, setelah itu baru bisa didistrubusikan ke berbagai wilayah dengan dibungkus kantong plastik. Tujuannya, untuk menghindari air hujan dan lainnya, karena berbahan kardus.

Kebutuhan kotak suara yang akan didistrubusikan sebanyak  18.155 unit, setiap pemilihan dibutuhkan kotak suara berjumlah 3.632 unit. Sedangkan untuk kebutuhan surat suara setiap pemilihan sebanyak 839.263 lembar. Itu termasuk surat suara cadangan. Sehingga total surat suara mencapai 4.196.315 lembar.

“Semua logistik dengan dibungkus plastik ini, nantinya akan di distrubusikan ke semua TPS yang tersebar 3.692 titik. Sehingga logistik ini tetap aman dan tidak rusak sebelum dan sesudah digunakan,” ujar Syamsul Mu’Arif kepada Kabar Madura, Minggu (10/3).

Pelaksanaan pemilu pada 17 April mendatang, ada lima jenis, meliputi meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres), dewan perwakilan rakyat (DPR), DPRD provinsi, DPRD kabupaten, dan dewan perwakilan daerah (DPD). (sub/waw)

Komentar

News Feed