oleh

Disukumnaker Sampang Baru Ajukan 6.255 UMKM

Kabarmadura.id/Sampang– Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang mengajukan 6.255 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp2,4 juta.

Jumlah tersebut masih terbilang sangat jauh untuk mencapi target yang ditentukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebab, target yang ditentukan untuk Kota Bahari ini sebanyak 72.320 UMKM, sedangkan UMKM yang tercatat di Diskumnaker ada 31.000 UMKM.

Kasi Pengawasan dan Akuntabilitas Diskumnaker Sampang, Wahyu Agustiani menuturkan, di Sampang ada 31.000 UMKM. Namun kondisinya tidak diketahui, masih berkembang atau sudah tidak aktif. Karenanya, hingga akhir masa pengajuan, yang diajukan hanya 6.255 UMKM.

Namun, untuk mengejar target yang ditentukan masih menunggu pengajuan dari 14 kecamatan yang ada di Kota Bahari ini. Sebab, sebelumnya sudah turun ke kecamatan untuk dilakukan pendataan, sehingga UMKM tersebut diajukan untuk menerima BLT UMKM ini.

Pihaknya tidak bisa memastikan UMKM yang diajukan bisa dapat bantuan semuanya. Sebab masih dilakukan pemadanan data oleh kementrian koperasi dengan Kemensos. Hal itu dilakukan untuk mengecek apakah calon penerima mendapatkan bantuan lain atau tidak.

“Yang sudah diajukan ke pusat ada 6.255, namun saya tidak bisa memastikan akan menerima semuanya atau tidak. Jumlah ini UMKM yang mendaftar secara mandiri dan yang aktif,” ungkapnya, Rabu (2/9/2020).

Terkait target dari Pemprov Jawa Timur, dipastkan tidak tercapai. Sebab, kurang satu hari penutupan pendaftaran ini hanya ada 6.255 UMKM yang diajukan. Tetapi, jika nanti dari kecamatan mengajukan data UMKM untuk menerima bantuan ke Disumnaker Sampang dan diajukan ke pusat yang pasti akan ada penambahan.

“Sebelumnya tidak ditarget, tetapi saat kemarin ada surat dari provinsi ternyata ditarget, dan diumumkan bahwa besok ini terakhir. Untungnya kami sudah bekerja sama dengan kecamatan untuk mendata UMKM setempat, cuma sampai hari ini tidak diajukan, padahal penutupannya besok,” imbuhnya. (mal/pai)

Komentar

News Feed