Ditarget Pekan Ini, Merger OPD Belum Skemakan Perkantoran Baru

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) DIGABUNG: Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan Bachtiar Effendi.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Setelah disahkannya peraturan daerah (perda) tentang penggabungan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada akhir tahun 2020 lalu, sampai saat ini perda tersebut belum diterapkan secara teknis.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan Totok Hartono, pihaknya sedang membahas teknis pelaksanaan perda tersebut. Bahkan menurutnya, dalam minggu ini pihaknya sudah dapat melaksanakannya.

Bacaan Lainnya

“Sudah kami petakan, tapi sedang kami koordinasikan. Karena menyangkut sarana prasarana juga kan,” ucap Totok.

Informasi serupa juga disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan Bachtiar Efendi. Dia mengatakan, pihaknya tengah pihaknya tengah mendiskusikan teknis penerapan perda tersebut.

Kendati perda tentang penggabungan OPD itu telah disahkan, namun pihaknya saat ini tengah membahas peraturan bupati (perbup) mengenai Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) untuk kemudian melakukan perampingan OPD.

Sementara itu, menurut Bactiar, pihaknya belum dapat memastikan perihal skema penetapan kantor OPD yang akan dirampingkan. Mengingat akan ada beberapa OPD yang digabung, maka akan ada beberapa kantor OPD yang kemungkinan akan dokosongkan atau dialihfungsikan. Namun pihaknya belum berani memastikan hal itu karena itu merupakan kewenangan Badan Keuangan Daerah (BKD) bidang aset.

“Tinggal kita proses untuk perbup mengenai SOTK setiap perangkat daerah,” ucap Bachtiar.

Namun demikian, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan Sahrul Munir mengaku pihaknya belum menyiapkan rencana teknis terkait hal itu. Pihaknya mengaku masih akan merapatkan terkait sejumlah kantor OPD yang akan dikosongkan atau dialihfungsikan karena digabung dengan OPD lain.

“Belum dirapatkan,” ucap Sahrul singkat. (ali/km58)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *