Ditawari Reward, hanya Satu Kecamatan di Bangkalan Penuhi Target Vaksinasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M) KURANG TERGERAK: Meskipun sudah ditawari reward, hanya satu kecamatan di Bangkalan yang penuhi target vaksinasi, kecamatan lainnya kena sanksi.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Agar mencapai target vaksinasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan telah memberlakukan reward dan punishment. Dari 18 kecamatan, hanya 1 kecamatan yang sudah memenuhi target vaksin sebesar 70 persen. Sedangkan 17 kecamatan lainnya yang belum memenuhi target diberikan sanksi berupa teguran lisan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo mengatakan, reward tersebut diberikan pada kecamatan yang capaian vaksinnya tinggi.

Bacaan Lainnya

Terdapat dua kategori reward, yakni daerah dengan capaian di atas 70 persen sejak vaksinasi pertama atau pada 3 Februari hingga 30 Oktober 2021. Kategori kedua adalah di bawah 60 persen untuk penghitungan 6 hingga 30 Oktober 2021.

“Kategori pertama kami berikan di Kecamatan Bangkalan karena capaiannya sudah 77 persen. Ada empat kecamatan lain yang capaian vaksinnya tinggi juga kami berikan reward,” ucap dia.

Sedangkan empat kecamatan yang belum mencapai 70 persen, antara lain Sukolilo (Labang, red), Kamal, Arosbaya dan Tragah. Awalnya, kecamatan yang capaiannya masih minim, punishment diberikan dengan pemasangan bendera hitam di balai desa hingga kantor kecamatan.

Tetapi setelah adanya evaluasi dari Satgas Covid-19 Bangkalan,  setiap daerah memiliki kesulitan tersendiri untuk melakukan vaksinasi. Sehingga, diputuskan punishment yang diberikan hanya teguran lisan kepada masing-masing kecamatan.

“Ini juga sebagai bentuk dorongan kami agar semua kecamatan ini memiliki motivasi menggalakkan vaksin. Kami tidak akan henti-hentinya memberikan teguran lisan setiap evaluasi,” ungkap pria dengan sapaan Yoyok ini.

Pemberian reward dan punishment ini, ditegaskan Yoyok, akan diberlakukan setiap 30 hari sekali. Konsepnya berupa perlombaan capaian vaksinasi di setiap kecamatan. Selama  30 hari sekali, pihaknya juga akan mengumpulkan semua kecamatan untuk dievaluasi.

“Jadi setiap 30 hari sekali akan kami evaluasi. Saat ini patokan target vaksinasi Bangkalan minimal dosis pertama harus 50 persen. Jadi kecamatan yang sudah di atas itu tetap kami berikan reward,” jelas Yoyok mengenai teknis pengawasan kegiatan vaksinasi.

Terpisah, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengatakan, dengan adanya pemberian reward dan punishment ini, agar masing-masing kecamatan terus memaksimalkan kegiatan itu. Dia juga berharap, terobosan baru itu Bangkalan bisa menjadikan kegiatan vaksinasi mencapai target.

“Syukur-syukur dengan pemberian reward dan punishment ini, vaksin di Bangkalan segera terlampaui,” pungkasnya.

Lima Kecamatan Peroleh Reward Vaksinasi

  1. Bangkalan, 77 persen dari target 71.015 jiwa
  2. Tragah, 56 persen dari target 22.613 jiwa
  3. Sukolilo, 52 persen dari target 28.186 jiwa
  4. Arosbaya, 50 persen dari target 34.517 jiwa
  5. Kamal, 47 persen dari target 40.994 jiwa

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *