oleh

Diterima Setiap Bulan, Dana PKH untuk April Sudah Dicairkan

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah mulai mencairkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk masyarakat Sumenep pada bulan ini. Untuk selanjutnya, bantuan akan disalurkan setiap bulan dengan nilai bantuan naik sebesar 25 persen.

Adapun rincian kenaikan tersebut, penerima PKH disabilitas dari Rp2,4 juta menjadi Rp3 juta, untuk lansia naik dari Rp2,4 juta menjadi Rp3 juta per tahun, bantuan untuk ibu hamil naik dari Rp3 juta menjadi Rp 3,75 juta per tahun, untuk anak usia dini meningkat dari Rp3 juta menjadi Rp3,75 juta per tahun.

Sedangkan siswa SD, bantuannya naik dari Rp900 ribu menjadi Rp1,25 juta per tahun. Bagi siswa SMP naik dari Rp1,5 juta menjadi Rp1,87 juta per tahun. Lalu, siswa SMA dari Rp2 juta menjadi Rp2,5 juta.

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Sumenep Agus Budi Mulyo mengatakan, saat ini pencairan sudah mulai dilakukan. Ada 58.612 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se- Kabupaten Sumenep yang sudah mendapatkan bantuan tersebut per April 2020.

“Peserta lama akan mendapatkan bantuan 15 bulan sedangkan peserta baru akan menerima 9 Bulan,” katanya, Senin (20/4/2020).

Dia menjelaskan, untuk skema penyalurannya, tahap I akan dicairkan bulan Januari, Februari dan Maret; tahap II akan disalurkan pada bulan April, Mei dan Juni, tahap III pada bulan Juli, Agustus, September dan tahap IV pada bulan Oktober, November, dan Desember.

“Pencairan tahap ini dimulai pada tahap kedua yang saat ini sudah terlaksana,” paparnya.

Ditambahkan, penyaluran bulanan ini dilakukan pemerintah untuk membantu mengatasi dampak ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, diyakini berdampak pada ekonomi warga. Apalagi bagi warga kurang mampu. Untuk itu lah, tahun ini pemerintah menambah nilai bantuannya,” tegasnya.

Dia menambahkan, selama ini PKH telah terbukti menjadi program bantuan sosial yang mendorong kreativitas keluarga dalam meningkatkan produktivitasnya juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga.

“Mekanisme bantuan yang semestinya turun dalam triwulan, rencananya akan disalurkan perbulan hingga Desember mendatang,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed