oleh

Dituduh Pembawa Virus Corona, Laili Somasi Dinkes Sampang

Kabarmadura.id/Sampang-Laili Nadhifatul Fikriyah yang dipulangkan dari Tiongkok beberapa waktu lalu, gerah dengan isu yang menyebar dan menyebut bahwa dirinya penyebar virus corona.

Mahasiswi Shandong University Tiongkok yang berasal dari Kecamatan Omben, Sampang tersebut, akhirnya mensomasi Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn Sampang untuk menidak tegas terhadap oknum tenaga kesehatan yang menyebar berita bohong tersebut.

Bagi Laili, berita hoaks tersebut telah membuat nama baik keluarganya tercemar. Terlebih, sudah tersebar cuplikan layar atau screenshot berisi percakapan dalam group WhatsApp tentang pasien terjangkit virus corona yang diduga ada di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang.

Dalam percakapan itu, pasien tersebut mengarah kepada salah seorang warga Dusun Pesanggrahan, Desa Rapa Laok, Kecamatan Omben, yakni Laili Nadhiftul Fikriya (25), yang baru pulang dari Tiongkok pada Sabtu, 1 Februari 2020 lalu.

Dengan ini, Laili Nadhiftul Fikriya dibantu pengurus Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) Nahdlatul Ulama (NU) Sampang, menyampaikan somasi dengan mendesak Dinkes dan RSUD Sampang untuk menidak tegas oknum tenaga kesehatan yang diduga membuat hoaks yang dinilai mencemarkan nama baik keluarganya itu.

“Saya hanya meminta Dinkes dan RSUD untuk menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada keluarga. Karena telah merugikan kami akibat isu hoaks suspect virus corana,” katanya, Kamis (13/2/2020).

Sementara Sekretaris LPBH NU Sampang Lukman Hakim mengatakan, jika Dinkes dan RSUD Sampang tidak ada iktikad atau niat baik hingga 1 x 24 jam terhadap somasi tersebut, akan dilanjutkan dengan cara menempuh jalur hukum

Menyikapi surat somasi itu, Sekretaris Dinkes Sampang, Asrul Sani nampak tenang. Dia ingin mengorek kebenaran isu tersebut terlebih dahulu. Namun Asrul mengklaim, tetap menenangkan masyarakat yang terpengaruh isu dugaan suspect virus corona tersebut, sebab Laili sudah dinyatakan negatif terjangkit virus corona.

“Kami akan klarifikasi dan melihat terlebih dahulu. Seperti apa bukti-bukti isu suspect virus corona,” tutupnya. (mal/waw)

 

Komentar

News Feed