oleh

Dituntut Bawa Pulang Ilmu Baru

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Bangkalan Ali Afandi berharap, pengrajin besi yang menjadi peserta pelatihan pandai besi di Bandung menguikti semua rentetan kegiatan yang digelar. Selain itu memahami cara kerja alat-alat modern dan cara produksi yang baik yang digunakan.

Sebagaimana yang direncanakan Dinkop UMKM Bangkalan, sejumlah pandai besi dari Desa Paterongan Kecamatan Galis, akan dilibatkan dalam pelatihan kerajinan pandai besi modern pada hari ini (9/4). Kegiatan itu dalam rangka peningkatan kualitas kewirausahaan kerajinan besi di Bangkalan.

“Saya harap para pengrajinpsungguh-sungguh memperhatikan materi selama pelatihan.  Sehingga saat pulang ke Bangkalan, mampu menularkan ilmunya kepada pengrajin yang lain,” ucapnya .

Seperti yang diketahu, Desa Paterongan terkenal dengan keberadaan para pengrajin pandai besi. Namun teknik dan cara pembuatanya masih terbilang kuno. Sehingga tidak bisa bersaing dengan para pengrajin pandai besi yang peralatan dan teknik pembuatanya lebih modern,  seperti di Bandung.

Para pengrajin pandai besi itu salah satu dari sekian UMKM binaan Diskop UMKM.   Pelatihan itu menargetkan peningkatan perekonomian dari pengrajin pandai besi. Dan ingin sekali hasil produksi para pandai besi ini lebih baik, sehingga memiliki daya saing.

Abdul Mukti selaku koordinator dari para pengrajin pandai besi menyambut baik program tersebut.

“Saya bangga dan mengapresiasi kepada dinas UMKM karena suda membina dan memberikan kami pelatihan. Sehingga sepulang dari dari Bandung, kami memiliki ilmu baru terkait bagaimana alat alat modern dalam dalam pandai besi,” ucapnya. (km46/waw)

Komentar

News Feed